AVG & TP Plan Template Ala Kakdrway (Upd. April 2019)

Password : kakdrway

PS. Kolom selain kolom yang di blok kuning jangan di ubah ubah karena mungkin mengandung rumus
Template terbaru menghitung resiko maksimal dan rencana realisasi keuntungan.
Dengan tampilan yang lebih besar, dan menambahkan kolom Dividen Yield


Mengisi data Kode Emiten, Harga Beli Awal, Fee Jual Beli, dan Rencana Persentase Averaging Down

Tabel 1

*Harga Beli Awal diisi dengan rencana harga beli pertama kali, agar rumus di kolom Harga Averaging pertama dan selanjutnya dapat dihitung.
*Fee Beli dan Fee Jual diisi dengan fee yang dikenakan oleh sekuritas yang kita pakai.
*Averaging Per diisi dengan rencana Averaging Down setiap turun X%
KakdrWay merekomendasikan Averaging Down setiap turun 30% dari harga beli terakhir.


Mengisi data Dividen

Tabel 2

*Diisi dengan rata rata dividen 5 tahun, 3 tahun dan tahun terakhir. Data dapat ditemukan di RTI ataupun Stockbit. Berfungsi agar kita bisa mendapatkan bayangan persentase yield.


Mengisi Lot Beli dan Target Jual

Tabel 3

*Setelah mengisi Harga Beli Awal dan Averaging Per di tabel 1, Secara otomatis template akan menghitung harga beli selanjutnya sesuai dengan tingkat Averaging Down yang kita inginkan. Kolom di block hitam adalah ketika harga beli sudah dibawah 50.


*Setelah harga harga Averaging Down diketahui (tabel 3 kolom Biang & Avege), kita sudah bisa melihat kira kira berapa dividen yieldnya jika kita beli di harga X dengan asumsi dividen kedepannya adalah sama dengan tahun terakhir atau dividen rata rata tiga tahun atau dividen rata rata 5 tahun


AVERAGING PLAN
Setelah semua siap, sekarang kita tinggal menentukan mau beli berapa duit? kalau sampai harus Averaging Down sekian kali, sanggupkah kita?
KakdrWay merekomendasikan jika hendak Averaging Down, belilah senilai beli terakhir, bukan sebanyak lot terakhir.
Jadi jika awalnya kita membeli 100 lot senilai 2 juta Rupiah, maka ketika Averaging Down, belilah lagi senilai 2 juta Rupiah, bukan 100 lot.

Berdasarkan pengalaman gue menangkap pisau jatuh selama 4 tahun terakhir belum pernah sampai harus averaging down lebih dari 4X dikarenakan salah satu syarat menangkap pisau KakdrWay adalah baru mulai menangkap JIKA harga sudah turun lebih 50% dari harga tertingginya. Baca : https://kakdr.com/easy-way-kakdr-way-bagian-2-basic-strategy/

Paling sering adalah Averaging Down sampai 2X dan 3X saja, tetapi karena https://kakdr.com/kakdr-way-yang-penting-jangan-rugi-dulu/ template ini dibuat untuk sampai 10X Averaging Down.

Setelah kolom yang di blok kuning lengkap diisi, kita jadi bisa punya gambaran, kira kira jika harus 1X Averaging Down atau 2X atau 3X kita butuh modal berapa?


TAKE PROFIT PLAN
Setelah memiliki gambaran Resiko Maksimal, sekarang saatnya menentukan target profit.
Mau untung berapa persen?

Biasanya gue selalu membagi menjadi 2X jual, yaitu di titik profit +50% dan +100%. Alasannya adalah https://kakdr.com/turun-30-cuan-50/
Tinggal isi di kolom Target Jual, mau ambil profit berapa persen?
kalau mau ambil cuan 50%, ambil kalkulator, Kalikan dengan 1.5
kalau mau ambil cuan 100%, ambil kalkulator, Kalikan dengan 2
atau kalau mau persentase lain, tinggal coba coba aja masukan angka berbeda beda di kolomnya.

Jangan mudah terpengaruh oleh gerakan naik turunnya harga setiap harinya, intinya adalah jika emiten yang kita beli itu benar (gak usah bagus atau murah gpp) cepat atau lambat harga pasti akan menyesuaikan ke nilainya yang sebenarnya

Sekedar sharing pengalaman,
Jika ada keadaan dimana kita harus Averaging Down sampai 3X atau lebih, kita sudah bisa mempertimbangkan ulang, apakah TP +50% itu terlalu rendah atau tidak.
Harus diketahui, jika kita mulai membeli di harga 1.000, disaat itu jika kita mengharapkan cuan +50%, maka harga HARUS NAIK 500 RUPIAH.
Tetapi jika ternyata kita harus Averaging Down sampai katakanlah 4X, maka harga Averaging Down ke empat adalah tinggal 240 Rupiah. di harga beli 240 (sudah turun 76% dari 1.000 Rupiah) cuan +50% harga HANYA PERLU NAIK 120 Rupiah ke 360 Rupiah.
SEMENTARA di HARGA 360 sebenar benarnya masih turun 64% jika dibandingkan dengan harga 1.000 Rupiah.


NET YIELD DIVIDEN, JIKA BELI DI
Tabel ini bisa memberikan kita gambaran, Jika saya beli di harga X, dengan asumsi dividen tahun selanjutnya adalah sama dengan dividen tahun lalu atau dividen rata rata 3 tahun terakhir, atau dividen rata rata 5 tahun terakhir, berapa persen yield yang bisa kita dapatkan?

Dari bayangan dividen yield, kita jadi bisa punya gambaran, apakah target profit yang kita inginkan awalnya, terlalu rendah atau tidak?
Jika kita menargetkan Take Profit +50%, sementara dividen yield aja uda 10%, ngapain jual??? diemin 5 tahun juga sudah dapat 50% *ini hanya contoh. Jelasnya baca : https://kakdr.com/jual-beli-pakai-patokan/


Total Modal, Total lot & Rata rata Modal

Setelah semua selesai diisi, kini kita bisa punya gambaran utuh, termasuk Berapa Modal yang kita butuhkan (termasuk Fee Beli), berapa Lot total yang kita miliki, Berapa harga per lembarnya jika kita rata ratakan seluruhnya.
Fungsi dari tabel ini adalah agar kita bisa mengetahui,
* Jika kita Averaging Down sampai X kali
* Jika mendadak kita membutuhkan uang sehingga terpaksa menjual saham tersebut, di harga berapa kita sudah bisa jual tanpa mengalami kerugian.

Password : kakdrway


PS. Kolom selain kolom yang di blok kuning jangan di ubah ubah karena mungkin mengandung rumus

ps. File “Kakdrway Avege dan Tepe Plan” dan post ini walaupun bersifat terbuka untuk umum, hargailah hasil karya orang lain. jika Anda hendak membagikan file atau isi dari post ini, setidaknya sertakanlah sumber nya.

ps. jika ada pertanyaan mengenai file terlampir, dapat ditanyakan melalui “Comments”

ps. Artikel pada web ini mengandung iklan, dengan melihat (klik) iklan dari salah satu artikel yang dibaca dapat membantu kami membiayai pemeliharaan dan keberlangsungan web ini.
Terima Kasih

Bagikan :
About Kakdr 174 Articles
Founder of "Kakdr Way (Ncek Glodok Style)" --- Strategy Aliran Penangkap Pisau Jatuh Anti Cut Loss

2 Comments

  1. membantu banget templatenya.
    terima kasih sudah mau berbagi ilmunya dengan ikhlas.
    semoga sehat selalu dan makin jaya di dunia saham.

  2. Baru mulai baca2 cara invest ala kakdrway.. membuka mata dan pikiran.terima kasi sudah bersedia berbagi ilmunya. Semoga tambah berkah berkat sharing2 ilmunya

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*