Jangan salahkan pemerintah TERUS! Kita Hajar Corona Covid19 dengan cara simple ini!

Ya sama, bukan cuma kamu, saya juga bete sama pemerintah. Tapi kritik meskipun membangun, kita juga jangan lupa agar harus tetap berkontribusi agar COVID19 ini secepatnya enyah dari bumi pertiwi kita tercinta ini.

 Kita gak perlulah seperti konglongmerat sumbang gede gede. Dengan semua bekerja sama berkontribusi kecil saja, kita bisa secepatnya mengusir virus kurang ajar ini. Apa aja yang bisa kita lakukan untuk berkontribusi? Ada 3 hal kecil yang bisa kita lakukan untuk berkontribusi kecil tapi memiliki efek besar untuk melawan virus ini.

1.       Social distancing

emoticon-Big Grin

Ya kita bisa menunda untuk ngumpul ngumpul, bagi yang bekerja dikantor, kurangi lah untuk mengobrol dengan teman, perihal kerjaan bisa diomongin di WA, kalopun kurang jelas bisa video call, meskipun masih satu kantor. Biarpun terkesan norak, hal kecil seperti ini sangat ampuh untuk mengurangi dampak penularan covid19. Asal jangan dibuat modus ngechat ngobrol padahal bukan urusan kerjaan

Bagi pemilik perusahaan ada baiknya juga kalo jam kerja tidak dijadikan satu jam masuk, melainkan dibagikan jadi 3-4 jam masuk, sehingga mengurangi saat masuk bersamaan (yang artinya yang menggunakan transport massal pun gak perlu berdesak desakan). Yang dimana istirahat pun jadi tidak bersamaan, sehingga mengurangi potensi ngumpul ngobrol, dan social distancing bisa dijalankan. 

Jam pulang meskipun jadi ada yang agak malam, tentu tidak harus bersamaan, dan tidak perlu berdesakan saat menggunakan transport massal. Selama produktifitas perusahaan bisa dipertahankan, biaya untuk perubahan jadwal ini juga kecil saja. Kemungkinan hanya menambah biaya listrik dan air. (mungkin tulisan saya bisa dishare ke pak bos, biar diterapkan).

2.       Jangan Panic Buying

“Bang, kalo gak panic buying, kalo makanan susah kita makan apa bang?”. Coba kita berpikir baik baik, selama ini masyarakat dikota besar, tiap awal gajian juga biasanya belanja besar bulanan. Emangnya pernah kekurangan? TIDAK kan.

Dan saya pernah hitung, Keluarga kecil dengan 2 anak, 10kg beras, 1 dus indomie, 1kg sosis dan 1 kg nugget dan bumbu2 secukupnya jg udah cukup untuk sebulan. (tentu saja bisa diganti dengan alternatif lain). 

Buat apa panic buying, apa MAU orang yang tidak mampu kelaparan dan tidak bisa makan? Apa kita yakin kalo mereka kelaparan, mereka akan diam saja? Bisa terjadi chaos, yang malah bisa membuat kita rugi sendiri semua, dimana pasokan makan berhenti, yang menimbun makanan akan jadi tujuan penjarahan. Mau itu terjadi? Saat itu terjadi justru yang mampu mampu nimbun makanan banyak itu yang kena jarah duluan tau!

3.       Tingkatkan awareness tentang covid19

Banyak banget loh masyarakat kecil yang gak peduli covid19. Banyak diantaranya masih berpikir bahwa ini hanya virus kalangan atas, bahwa mereka kebal sakti bok.

Ini tentu pola pikir yang ngaco dan salah banget, kalo bingung bagaimana cara menyampaikannya, sampaikan aja kayak gini? “Bapak pernah batuk?” Kalo pernah, bilangin aje “Kalo gitu kagak kebal pak”. Ini virus menyerang saluran pernafasan, yang tidak memilih dari golongan mana manusianya, apapun ras apalagi agamanya.

Selama penyebaran virus ini semakin cepat, semakin besar juga damagenya buat kita, bahkan bisa sampe sistemik jika terlalu besar. Ingatin aja, jika banyak yang terkena virus ini, bukan Cuma doi yang akan tidak bisa bekerja, tapi perusahaan yang bisa gagal bayar hutang mereka, dikarenakan penjualan menurun dan banyak sebab lainnya. Terus banyak yang bangkrut, mau makan aja susah entar. Masa makan rumput!

Perlu diingetin juga, biarpun kena covid19 dan sembuh ada kemungkinan ada kerusakan organ paru paru, mau seumur hidup penyakitan?

Tingkatkan awareness ke teman teman keluarga disekitar kita saja, pentingnya cuci tangan menjaga kebersihan dan social distancing.

Ini 3 hal kecil yang bisa kita lakukan untuk kontribusi ke masyarakat, kalo ke diri sendiri kan udah pada tau nih (jaga kebersihan dan jaga daya tahan tubuh). KUY kita hajar covid19 sama sama!

About Romeocool 4 Articles
Dari kaskus, iseng iseng nulis disini. Hobby nulis tapi gak rajin maapkan daku Kakdr wkwkwk

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*