Mending Nyangkut Saat Baru Mulai

Delapan tahun lalu, gue masih niat nyaham, gue mikir saham itu easy. Tinggal klik buy dan biarkan uang bekerja untuk kita sembari kita leyeh-leyeh di café sembari ngupi ngupi. Ternyata……. Tidak semudah itu fergusoooh wkwkwkwkwk.

Pengalaman nyangkut membuat gue belajar banyak hal, sangat banyak. Gue bersyukur pernah nyangkut besar (dengan ukuran modal saya), karena seorang teman bilang, “mending nyangkut saat baru mulai, karena uang loe belum banyak. Coba nyangkut saat udah mature, pening kepala.” Iya ada benernya juga.

Yang paling bener siy enggak pernah nyangkut dan porto hijau sepanjang tahun. Tapi hidup khan gak seindah cocotnya motivator, yeee khan. Pola tektokan saham atau daily trading pernah gue jalani, sama kayak pemilik blog ini. Namun lama kelamaan, gue nemuin style tersendiri. Kalo diliat dari shio, gue tipe investor. Eeeh, maksudnya berdasarkan style.


Gue ngejar value, karena untuk kebutuhan long term. Seperti plan kuliahin anak ke sekolah kedokteran di Kuba&S2 nya di Jerman. Sekarang anak masih SD. Kalau mau hold barang long term, jangan didiemin bertahun-tahun, ntar tau2 udah delisting atau suspend. Tetap kita pasang alert saham yang kita punya, mana tau ada update macam stock split dll. Setidaknya tiap 3 bulan kita cek ada info apa. Jangan pernah kuatir kalau liat saham yang kita punya sedang turun. Itu hal biasa dalam market. Selama loe yakin dgn perusahaan tersebut.

Dulu kalo liat ijo 1-2% aja girangnya kebangetan, langsung jual. Padahal, ada cost yang harus dihitung. Misal fee broker&pajak. Patokan gue kalau mau jual dengan margin tipis, minimal diatas 2%. Loe harus punya batas sendiri, jangan ikutin orang. Karena tiap orang style nya khan beda beda.


Ini artikel pertama gue di blog amazing ini. Rencana mau rutin nulis, biar bisa sharing dengan manteman. Oh iya, gue ada sosmed di twitter: @just_fau. Bisa ngobrol ngobrol disana. Kalau facebook buat pencitraan kehidupan priadi, jadi jarang posting soal saham hahaha. Sampai ketemu ditulisan selanjutnya yaaa.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*