Menetapkan NAB Awal (Bagian 3)

NAB (Nilai Aktiva Bersih) merupakan salah satu tolak ukur dalam memantau hasil dari portofolio kita, NAB adalah nilai yang menggambarkan total kekayaan bersih portofolio kita setiap harinya / periodenya. Bisa per Hari atau Minggu atau Bulan atau Tahun. Nilai ini berubah-ubah setiap harinya dan dipengaruhi oleh gabungan harga terakhir seluruh emiten pada portofolio kita.

Menentukan Nilai Awal Unit / NAB

Ilustrasi 1

Untuk dapat menentukan Nilai Awal Unit / NAB, yang paling penting untuk diketahui adalah berapa Total Equity (saham) kita ditambah dengan Uang (Cash) pada rekening RDI kita.

Dalam ilustrasi kita menggunakan equity pada post Mencatat Sendiri Portofolio sebagai Equity Saham kita dan Cash sebesar 10.000.000 rupiah.

Ilustrasi 2

Diketahui Equity terakhir dari portofolio saham kita adalah sebesar 62.696.400 (lihat ilustrasi 1 kolom P3). diketahui pula kalau kita masih memiliki Cash sebesar 10.000.000 sehingga menjadikan nilai keseluruhannya adalah sebesar 72.696.400

Nah, untuk memulai NAB awal, kita bisa menentukan sesuai selera kita. Apakah mau dimulai dengan X Unit, atau mau dimulai dengan NAB = X

Jika kita ingin mulai dengan X Unit (dalam ilustrasi 2) misalnya 10.000 Unit, maka rumus mendapatkan NAB awalnya adalah:
Grand Total Equity / X Unit
72.696.400 / 10.000

sehingga didapatlah angka 7.269.40 sebagai NAB Awal (gunakan rumus karena kedepannya pasti NAB atau Unit kita tidak bisa dalam bentuk angka bulat)

Jika kita ingin mulai dengan NAB = X (dalam ilustrasi 2) misalnya NAB Awal adalah 1.000, maka rumus mendapatkan Unit awalnya adalah:
Grand Total Equity / NAB = X
72.696.400 / 1.000

sehingga didapatlah angka 72.696.40 Unit sebagai Unit Awal (gunakan rumus karena kedepannya pasti NAB atau Unit kita tidak bisa dalam bentuk angka bulat)

Jika kita ingin mulai dengan IHSG Terakhir sebagai NAB Awal (dalam ilustrasi 2) misalnya NAB Awal adalah 6.457,95 (menggunakan angka IHSG penutupan tanggal 8 Maret 2019), maka rumus mendapatkan Unit awalnya adalah:
Grand Total Equity / IHSG 8 Maret 2019
72.696.400 / 6.457,95

sehingga didapatlah angka 11.256,88 Unit sebagai Unit Awal (gunakan rumus karena kedepannya pasti NAB atau Unit kita tidak bisa dalam bentuk angka bulat)

Kakdrway lebih suka menggunakan angka IHSG terakhir ketika menentukan NAB Awal. karena bisa langsung mengetahui seberapa jauh kita meninggalkan IHSG atau sebaliknya hanya dengan melihat NAB terakhir.


File “Menetapkan Unit atau NAB awal” ala Kakdr Way dapat di download pada link di bawah:

Password : kakdrway

ps. File “Menetapkan Unit atau NAB awal” dan post ini walaupun bersifat terbuka untuk umum, hargailah hasil karya orang lain. jika Anda hendak membagikan file atau isi dari post ini, setidaknya sertakanlah sumber nya.
ps. jika ada pertanyaan mengenai file terlampir, dapat ditanyakan melalui “Comments”


= ====== ========
Membandingkan Kinerja Portofolio Dengan IHSG Baca dan Unduh Disini


Ikuti terus update kakdr.com dengan mengisi email anda di kolom paling bawah post ini

About Kakdr 245 Articles
Founder of "Kakdr Way (Ncek Glodok Style)" --- Aliran Penangkap Pisau Jatuh Anti Cut Loss

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*