Virus Corona!! Saham ambrol , Market CRASHHHH!!!! PANIK!!!! Ini solusinya

*

*

Yak benar IHSG sedang crash, sedang crash besar. Apakah sebabnya? Apakah karena corona?

Sebenarnya crash IHSG sekarang bukan hanya karena corona, pembubaran pembekuan aset manajemen dan reksadana beberapa waktu lalu, juga menyebabkan bola salju yang efeknya semakin besar. Belum lagi kasus kasus beberapa lainnya, yang menyebabkan likuiditas di bursa menjadi kering. Kemudian diperparah lah dengan kasus corona, yang menjadi pandemic yang sudah memusingkan hampir semua Negara.

Sebenarnya karena kesibukan saya, saya lama sekali tidak menulis, beberapa teman saham yang saya kenal dari kaskus bahkan sudah going TOP di website sebelah, ya betul beliau adalah KakDR sangat beken di stockbit, pemilik dari blog keren ini wkwkwk :D. Tapi karena keadaan yang seperti ini, saya tergugah untuk menulis untuk membantu saudara saudara, di blog kita tercinta ini.

Apakah porto kamu merah? Kamu tidak sendiri, hampir mayoritas mengalaminya. Bagaimana dengan saya? Saya tidak mau berkata apa apa, tidak etis saat market seperti ini (kalo japri masih okelah ) . Saya fokus membahas apa yang harus dilakukan saat market seperti ini.

1.       Do Nothing / Tahan godaan untuk menjual.

“Bang kalo omong begini, gk usah tulis apa apa bang, semua jg tau”. Wkwkwwk sabar atuh, saya jelasin dikit ya. Buat yang masih awam di dunia saham, ini salah satu pilihan yang terbaik, kecuali jika komposisi saham saudara sangat buruk mungkin ini menjadi opsi yang salah. Tapi jika komposisi porto saudara baik, jangan kita ganti. Untuk market seperti sekarang sudah sangat telat untuk CL (cut loss), emang bener kita CL bursa masih bisa jatuh lagi, tapi jika kita membiarkan uang saudara tanpa ada entry plan kembali yang jelas, saudara akan kehilangan kesempatan untuk porto saudara kembali kesedia kala. Kenapa? Karena badai pasti berlalu, pasti selama Indonesia gak bubar, badai pasti berlalu. 2008 yang lebih nyungsep aja balik, cm entah ini akan seperti 2008 atau tidak, atau malah lebih buruk. Dan tentu saya juga gak tau kapan badai ini akan selesai. Hanya ilusi saja jika ada yang bilang bisa menebak bottom, yang kebanyakan hanya menyesatkan. Tapi ada banyak cara untuk entry harga yang bagus. Do your homework, ada banyak kok caranya.

2.       Rebalance your portfolio

Apakah jaminan kalo rebalance portfolio, entar akan lebih baik kembalinya? Tidak. Tapi dengan memilih saham yang lebih baik, lebih sehat, GCG dsb maka chance untuk kembali akan lebih besar. Beberapa saham yang gak jelas emang ada yang cepat baliknya saat 2008 kemarin, tapi beberapa tetap bertahan tidur selamanya. Sedangkan yang baik, sehat, tumbuh, dengan GCG yang baik rata rata kembali naik. It’s your call dude, I am just here to help. Bagi yang tidak memahami fundamental bisa baca pencerahan di blog ini, atau buku Street Investing-nya Parahita. Beliau adalah kaskuser sepuh sama seperti kakdr, thread dunkz yang sticky di kaskus adalah kepunyaan beliau (temen saham kaskuser saya juga selain kakdr). Please do your home work.

                Terus apakah jalan yang terbaik dari CRASH kali ini, tentu ada yaitu BELI. Dari Templeton, Buffet bahkan yang dalam negri LKH, mereka sangat tau saat memBELI yang paling baik adalah saat saat sekarang (bukan langsung besok pencet buy juga kali, pake cara entry yang baik ya) . “Bang saya sudah gak punya dana lagi”, ya sudah kalo gitu pilihan ada di dua atas tadi. Jika saudara memiliki pengalaman dan keyakinan seperti saya, bahkan memindahkan investasi jenis lainnya ke saham niscaya akan berbuah manis. Tentu saudara harus belajar fundamental, agar investasi sahamnya bisa maksimal.

                Jika kamu memiliki emas, emas sudah naik lumayan saatnya kamu memindahkannya ke saham, kalo saudara mempunyai deposito, jelas tinggalkan deposito niscaya akan berbuah manis (Kalo pun tidak berbuah manis, kemungkinan besar ada kesalahan di metode pemilihan sahamnya).

                Bagaimana dengan reksadana? Mohon maaf saya akan menyarankan lebih baik terjun langsung ke saham dengan catatan belajar fundamental dasar sebelumnya, saham tidak sesusah itu jika saudara niat belajar. Kenapa tidak dengan reksadana? Ya bisa mengaca dari beberapa kasus reksadana dan asset management belakangan. Saya tau cerita real dibelakang itu, tapi saya tidak akan bahas disini, apalagi regulasi reksadana saham hanya boleh megang cash max 20% saja. Untuk saat ini saya sangat menganjurkan untuk lebih baik langsung investasi sendiri ke saham, daripada ke reksadana. Kecuali kamu benar benar buta sama sekali soal saham.

Akhir kata, saya doakan semoga saudara saudara semua melewati badai ini dengan selamat, dan semoga bisa mencetak orang kaya baru dari crash kali ini . SALAM CUAN.

BAGI yang ingin berkonsultasi tentang portonya saya akan coba membantu free, bisa chat ke tele saya dibawah ini. Harap maklum jika tidak langsung membalas saya juga sibuk di real life. Tolong yg chat jangan untuk tujuan curcol ya gak bakal saya ladeni :D, kita fokus ke masalah dan solusi. Khusus untuk pembaca kakdr way.

Klik Link TELE – https://telegram.me/lifeafterdad

Invest at the point of maximum pessimism – John Templeton

About Romeocool 2 Articles
Dari kaskus, iseng iseng nulis disini. Hobby nulis tapi gak rajin maapkan daku Kakdr wkwkwk

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*