BJTM , Menantikan Bunga Mekar


Coba perhatikan data dividen 4 tahun emiten diatas. apa kesamaannya?
Yess! Dividen nya selalu naik setiap tahunnya.
Dividen 2018 BMRI & BBRI turun karena ada aksi Stok Split pada tahun 2017 (BMRI 1:2 , BBRI 1:5)

Mengapa demikian? Karena BMRI , BBRI , BJBR & BJBR merupakan salah satu dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) / Daerah (BUMD).
Dan seperti kita semua tahu, bahwa Negara / Daerah dalam menjalankan pemerintahan setiap tahunnya berlandaskan apa yang disebut Anggaran Pembelanjaan & PENDAPATAN Negara (APBN) / Daerah (APBD)

PENDAPATAN nya darimana? salah satunya adalah DIVIDEN dari BUMN / BUMD nya. dan kita ketahui juga bahwa APBN/D itu setiap tahunnya selalu naik. oleh karena itu besar kemungkin juga kalau sumber dari Dividen akan semakin besar. Inilah mengapa dalam ilustrasi diatas Dividen dari tahun ke tahun semakin besar. (ps. Ini Menurut Gue….)

Sekarang coba kita lihat dari keystat standard, (data diambil dari Mirae dan RTI). BJTM juara di PBV, ROE dan Dividen Yield. (baca : Kakdr Way (Ncek Glodok Style) – Basic Strategy untuk penjelasan mengenai ROE & Tujuan Dividen)

Kalau kita sekarang memiliki uang sebesar 71.500 dan kita tabungkan/depositokan. berapa persen bunga yang kita bisa dapatkan setiap tahunnya? berapa Net nya setelah Potong Pajak Bunga?

Nah di BJTM ini, cukup dengan 71.500 (asumsi Nabung/Deposito 1 lot) setiap tahunnya kita sudah hampir pasti mendapatkan Bunga 5.5% Net (bisa lebih bisa kurang sesuai keputusan nilai dividen setiap tahunnya).
Belum lagi faktor Capital Gain.


Jika kita menabung uang kita di Bank BJTM setiap tahunnya kita hanya akan mendapatkan Bunga, POKOK dari tabungan kita ya segitu segitu aja.
Tapi dengan menganggap menabung berupa saham, selain mendapatkan Dividen (Bunga) kita juga memiliki kemungkinan mendapatkan Capital Gain.
Berdasarkan Hukum Dasar Ekonomi mengenai Untung Rugi.
kalau Dividen yang dibagikan setiap tahunnya terus naik, gak mungkin lah harga sahamnya malah turun.
yang bisa ngitung banyakkkkkkk, ini gak perlu pake rumus panjang panjang dan rumit rumit. pake kalkulator saku juga uda bisa hitung.

Masih gak percaya?
coba sekarang lihat sejarah Dividen BJBR 5 Tahunan, lalu lihat sejarah harga BJBR 5 tahunan. coba bandingkan perubahan Yield tahunan antara Dividen & Harganya.
Nah BJTM ini mirip mirip…. apalagi juga sama sama BUMD…. cuma dibedakan oleh Barat & Timur

Disclaimer: Tulisan dalam Web ini bukan sesuatu yang bersifat Pasti, tapi hanya merupakan cerita berdasarkan pemikiran & pengalaman. jangan ditelan mentah mentah, tapi harus dipikirkan juga apakah ini masuk akal atau tidak, aplikabel atau tidak.

About Kakdr 245 Articles
Founder of "Kakdr Way (Ncek Glodok Style)" --- Aliran Penangkap Pisau Jatuh Anti Cut Loss

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*