Day 1 – Zurich (Swiss) 13 Desember 2019

Lanjutan dari cerita: Euro Trip 2019 – Semua dimulai dari sini

9 jam penerbangan dari Jakarta menuju Doha hampir tidak terasa sama sekali. Karena gue tidur terus sepanjang penerbangan kecuali buat menghabiskan makan yang di sajikan didalam pesawat. Hihihihihi

Pesawat Qatar Airways QR955 yang kami tumpangi kali ini adalah Airbus jenis A350-900 berbadan lebar dengan komposisi bangku 3 3 3 (kelas ekonomi) dengan bangku cukup lebar dan ruang kaki (leg room) sangat lega bagi gue.

Makanan di penerbangan Jakarta – Doha

Begitu didalam pesawat gue uda merasa ngantuk. Mungkin karena memang sudah jam tidur karena sudah jam 11.30 waktu Indonesia. Tau tau nya uda dibangunin ditanyain mau makan apa. Pilihan kami jatuh pada daging sapi (lumayan enak tapi masih enakan rendang) , makan lalu tidur lagi. Sementara ipie yang malah susah tidur melanjutkan nonton film yang disediakan di pesawat sambil tidur bangun tidur bangun. Jam 4an waktu Qatar (Jakarta jam 8an) dibangunin lagi ditawarkan sarapan pagi baru gue mulai utak atik tv didepan gue. Karena gue gak suka nonton maka gue cobain menu peta nya dan menu real-time kamera nya dan gak lama kemudian kami mendarat di Doha.

Bandara Doha cukup besar, sampai capek jalan dari terminal kedatangan internasional menuju terminal keberangkatan. Selain jalan kaki juga harus naik kereta antar terminal.

Sampai gate D18 (gate penerbangan Doha menuju Zurich) masih tersisa waktu sekitar hampir 2 Jam. Gue & Ipie kemudian berpencar mencari & melihat apa yang menjadi hobi kami masing masing. Ipie suka windows shopping dan melihat keadaan sekitar sementara gue lebih suka berpetualang mencari smoking area wkwkwkw.

Makan pagi penerbangan Doha – Zurich

Akhirnya perjalanan kami menuju Zurich pun dilanjutkan dengan nomor penerbangan QR95. Penerbangan kedua ini membutuhkan waktu hampir 7 jam. Untungnya penerbangan kedua ini penumpangnya sedikit jadi akhirnya gue pindah ke bangku baris belakang yang kebetulan kosong supaya kita bisa sama sama tidur selonjoran hihihi. Gak lama terbang, makan lagi.

Bukti kenorakan pamer internetan dipesawat

Abis makan gue baru ngeh kalau ternyata penerbangan Qatar yang kami tumpangi memberikan komplimentari inflight wifi selama 60 menit gratis. cukup nyalain wifi di gadget atau laptop dan masukin email kita, pencet connect, beress…. Nggak pake lama langsung norak dan kampungan pamer sama paman bibi di Stockbit kwkwwkwk
Cuma sayang kestabilannya tidak seperti di darat, kadang masih suka terputus. Skip skip skip akhirnya kamipun mendarat di Zurich, dan kamipun melanjutkan perjalanan menuju Hotel Holiday Inn Zurich Airport. Kami memilih hotel dekat airport karena keesokan harinya kami akan berpindah kota dengan menggunakan kereta. Kami sudah memiliki tiket terusan kereta eropa (baca : Eurail Global Pass) yang kami sudah beli sebelum tiba dan besok akan di gunakan perdana di stasiun kereta airport.

Free shuttle dari Holiday Inn Express Zurich Airport

kebetulan hotel Holiday Inn Express tempat kami tidur di Zurich menyediakan shuttle bus gratis mengantar kami menuju hotel. Sampai di hotel, check in, istirahat bentar dan kamipun memulai petualan perdana kami dengan berjalan kaki menuju stasiun kereta Rumlang yang bisa membawa kami menuju Zurich Main Station.

Stasiun Kereta Rumlang

Lokasinya stasiun Rumlang sangat dekat dengan hotel, hanya sekitar 500 meter jalan kaki. Keluar hotel kekiri, terus belok kiri dan belok kiri lagi. Sampe deh. Akhirnya setelah 4 perhentian, kami sampai di Zurich Main Station.

Zurich Main Station

Gileeeeee broooo, Zurich Main Station itu guedeeeeeee banget. Dan rameeeee banget. Penuh dengan manusia berlalu lalang turun dan naik kereta dan platform nya banyak banget hiihihi…. Kami cukup beruntung karena datang saat menjelang natal, di Eropa ada cukup banyak negara yang mengadakan Christmast Market pada bulan Desember. Dan Christmast Market Zurich berada disebelah Zurich Main Station. Akhirnya karena uda cape juga, kami hanya mengunjungi Christmast Marketnya yang bersebelahan dengan stasiun untuk sekalian cari makan malam, muter muter bentar dan akhirnya kembali ke hotel.

Setelah muter muter (tembus 10.000 steps menurut catatan aplikasi Samsung Health hihihi), cari makan akhirnya kami kembali menggunakan kereta dari Zurich Main Station menuju stasiun Rumlang.

Baca cerita lanjutannya di : Day 2 Lucerne (Swiss) 14 Desember 2019
Cerita lengkap bisa dibaca di Euro Trip 2019

Artikel ini adalah cerita gue sebagai Kakdr, nantikan cerita yang lebih menarik versi Ipie ya.
Foto lengkap perjalan ini bisa dilihat di Facebook
Video lengkap trip ini bisa dilihat di Youtube
Please Follow & Like ya.

Update peta perjalanan

About Kakdr 245 Articles
Founder of "Kakdr Way (Ncek Glodok Style)" --- Aliran Penangkap Pisau Jatuh Anti Cut Loss