Eurail Global Pass

Bepergian menggunakan kereta merupakan cara terbaik untuk bisa menikmati suasana dan keindahan alam di Eropa. Selain nyaman, praktis dan cepat, jaringan kereta di Eropa sangatlah luas, terhubung secara sistematis dari kota-kota besar hingga ke pelosok yang tidak dapat dijangkau oleh alat transportasi lain.

Ada dua golongan tiket kereta berdasarkan tempat tinggal turis. Yup, berdasarkan tempat tinggal, bukan kewarganegaraan. Yang pertama, “InterRail Pass” berlaku untuk turis yang tinggal di Eropa. Yang kedua, “Eurail Pass” untuk turis yang tinggal di luar Eropa.

Setelah saya memilih Eurail Pass (bukan InterRail Pass), saatnya memilih jenis pass berdasarkan negara tujuan. Eurail Pass terdiri dari Eurail One-Country Pass (hanya berlaku di satu negara) dan Eurail Global Pass (berlaku di banyak negara). Karena saya keliling Eropa dengan rute dan jadwal yang lumayan banyak dan padat, maka saya memilih jenis Eurail Global Pass.

Eurail Global Pass adalah tiket kereta terusan yang dapat kita pakai untuk berkunjung ke beberapa negara di Eropa dengan satu harga dalam jangka waktu tertentu. Dengan membeli tiket terusan ketimbang tiket satuan per kota tujuan, tentu kita bisa menghemat biaya perjalanan selama di Eropa. Selain itu, ada banyak penawaran diskon dan gratis dengan menunjukkan pass ini.

Hal yang perlu diingat, tiket ini sudah harus kamu beli sebelum berangkat, karena tidak dijual di negara Eropa manapun. Sejauh ini dapat dipakai di 31 negara dan lebih dari 40.000 destinasi di Eropa. Berlaku selama 11 bulan sejak pembelian dan sebelum bisa dipakai, kita perlu mengaktifkan terlebih dahulu di negara pertama dimana kita mau gunakan. Informasi mengenai harga dan tempat saya membeli ada di bagian akhir artikel ya teman. So, stay calm and keep reading, okay? 🙂

Ada dua jenis Eurail Global Pass berdasarkan cara pemakaian, Global Pass Continuous dan Global Pass Flexi.

Global Pass Continuous adalah tiket terusan yang setelah diaktifkan harus dipakai berturut turut sesuai jumlah hari yang dibeli. Sebagai contoh, jika kita membeli pass 15 hari dan mengaktifkan pertama kali pada tanggal 1 Januari, maka tiket tersebut akan berlaku sampai dengan tanggal 15 Januari. Tersedia dalam beberapa pilihan yaitu 15 hari, 22 hari, 1 bulan, 2 bulan dan 3 bulan. Jenis tiket ini bagus dipilih untuk kamu yang setiap hari berpindah kota atau negara.

Global Pass Flexi, sesuai namanya lebih fleksibel daripada Global Pass Continuous, karena kita bebas memilih kapan saja tiketnya mau dipakai dalam jangka waktu tertentu. Sebagai contoh, jika kita membeli tiket 3 hari dengan periode 1 bulan, maka tiket tersebut berlaku selama 1 bulan sejak diaktifkan pertama kali dan dapat digunakan sebanyak 3 hari.
Tersedia dalam beberapa pilihan yaitu 3 hari dalam 1 bulan, 5 hari dalam 1 bulan, 7 hari dalam 1 bulan, 10 hari dalam 2 bulan dan 15 hari dalam 2 bulan. Jenis tiket ini cocok untuk teman traveller yang ingin menetap di satu kota atau negara dalam beberapa hari.

Eurail Global Pass memberi kita kebebasan dan kepuasan dalam berkereta. Bebas karena boleh memilih rute mau kemana saja, puas karena boleh ganti kereta berapa kali saja. Selama itu semua dilakukan dalam sehari tidak menjadi masalah.

Tiket Global Pass Continuous dan Global Pass Flexi, masing-masing tersedia dalam 2 tingkat layanan, 1st class (kelas 1) dan 2nd class (kelas 2).

Pada umumnya 2nd class sudah cukup nyaman dan menjadi pilihan kebanyakan warga Eropa dalam bepergian. Banyak kereta antar kota dengan jarak pendek yang hanya menyediakan layanan kelas ini. Biasanya gerbong diisi oleh keluarga dengan anak-anak dan para budget traveller.

Lalu apa bedanya 2nd class dengan 1st class? Tentu saja 1st class lebih nyaman. Apakah jauh perbedaannya? Tidak, tapi tetap terasa beda. Tempat duduk yang lebih lega, jumlah penumpang yang lebih sedikit dan suasana yang lebih tenang. Hampir semua kereta jarak jauh mempunyai gerbong 1st class. Kalau kamu mampu dan bersedia bayar lebih mahal, tidak ada salahnya sih mencoba.

Untuk mengetahui rute dan jadwal kereta supaya gampang mengatur itinerary, saya memakai aplikasi Rail Planner (bisa download di Playstore / iStore). Informasi yang diberikan lengkap mulai dari jam berapa kereta berangkat dan sampai, berapa kali harus ganti kereta, nama stasiun kereta, apakah keretanya direct atau transit, apakah wajib membayar biaya reservasi tempat duduk, sampai fasilitas apa saja yang tersedia.

Di atas adalah contoh jadwal kereta dari Vienna menuju Praha. Pada jadwal kereta jam 08:10 ada informasi “Some additional reservations needed” itu artinya kita harus melakukan reservasi tempat duduk dengan biaya tambahan. Tetapi untuk jam jam lainnya, tidak perlu reservasi tempat duduk. Kita cukup datang ke stasiun dan naik kereta tersebut sesuai jadwal.

Ada beberapa cara untuk membeli Eurail Global Pass. Bisa lewat situs luar negeri dan situs dalam negeri (Indonesia). Situs luar negeri bisa diakses di eurail atau raileurope-asean. Tiket yang dibeli akan dikirim langsung dari luar negeri ke alamat kamu. Biasanya paling cepat seminggu sampainya. Harga tiket antar situs bisa saja berbeda sedikit.

Sedangkan situs dalam negeri salah satunya ada di eurobytrain. Ini adalah agen resmi yang menjual tiket kereta Eropa dan tiket kereta mancanegara. Tiket yang dibeli akan dikirim dari kantor agen ke alamat kamu. Hari ini dikirim, besok sudah sampai. Untuk alasan kemudahan bertanya, saya memutuskan membeli lewat situs lokal saja. Ohya, pembayaran juga bisa memakai mata uang Rupiah. Harga tiket bisa dilihat di bawah.

Harga Eurail Global Pass 2019

Harga yang tertera belum termasuk biaya reservasi tempat duduk yang wajib dibayar, berlaku untuk beberapa rute kereta yang ramai turis. Besarnya biaya reservasi berbeda tergantung kelas yang diambil.

Di bawah adalah foto Eurail Pass yang saya beli, termasuk Eurail Pass Guide dan Eurail Map yang diberikan cuma-cuma. Saya membeli tipe Flexi 10 days within 2 months. Kebetulan waktu itu sedang ada promo diskon 5%. Lumayan juga walaupun tidak banyak hehe. Rencananya bulan depan (Desember 2019) saya mau menjajal Eurail Pass ini. Yayy.. semoga semua yang sudah direncanakan dapat berjalan dengan lancar yah. Nantikan kelanjutan cerita saya di artikel berikutnya ok!

Kalau ada yang mau sharing cerita atau pertanyaan, silakan saja. Semakin banyak sharing semakin banyak informasi yang kita dapat. Semoga artikel ini bisa membantu teman-teman. Happy Travelling All!

“Travelling , it leaves you speechless, then turns you into a storyteller” – Ibn Battuta.

About ipie 2 Articles
Ipie the explorer

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*