Day 20 – Zurich (Swiss) 1 January 2020

Happy new year 2020 Paman & Bibi sekalian!!!.
Semoga di tahun yang baru ini semua bisa lebih baik lagi dibanding tahun yang telah berlalu.

Kemarin kami menyambut tahun baru 2020 di Tollwood, sebuah lapangan (Platz) tak jauh dari hotel tempat kami menginap.

Sampai kira kira jam 00.30 kami kembali ke hotel untuk beristirahat karena pagi nanti akan menaiki kereta cepat Jerman, yang sekaligus adalah kereta terakhir yang kami tumpangi dalam perjalanan kali ini. Perjalanan selanjutnya sudah menggunakan pesawat. hehehehe.

Perjalanan dimulai dari stasiun munchen (Jerman) sampai stasiun Ulm, kemudian ganti kereta menuju stasiun Singen, ganti kereta lagi menuju Zurich Hb, dan akhirnya ganti kereta yang terakhir kali yang akan membawa kami kembali ke titik dari mana kami memulai perjalanan ini, Stasiun kereta bandara Zurich (Zurich Flughaven).
Tujuan kami untuk turun di stasiun Singen adalah untuk mengurus cap Tax Refund di perbatasan terakhir negara Jerman sebelum masuk kembali ke negara Swiss. Perlu paman dan bibi ketahui, bahwa walaupun Swiss bukanlah negara Eropa yang tergabung dalam EU (Europe Union) Jadi pengurusan tax refund dari negara negara yang tergabung dalam EU harus di urus dulu di perbatasan terakhir negara yang tergabung, sebelum akhirnya masuk ke negara yang tidak tergabung.

Tiba di Zurich Hb, kami berkeliling kota sebentar karena hari masih sore, sekalian mencari makan malam sebelum check in hotel.

Malam ini kota Zurich sepi sekali. Mungkin karena Natal dan Tahun baru sudah lewat. Dimana mana toko bertebaran pajangan bertuliskan diskon. Sampai 50% loh paman dan bibi. Tapi sayang, toko nya tutup semua. wkwkwkwk. Jadinya Ipie gak bisa shopping deh.

Malam ini udara di kota Zurich sangat dingin. Hari pertama ketika kami sampai di Zurich, saat itu walaupun toko banyak yang tutup (karena memang sudah jam tutup toko) tetapi di jalan masih banyak orang yang lalu lalang. Sekedar berjalan jalan atau mencari makan. Tetapi malam ini selain dingin, jalanan juga sepiiiiiiii.
Akhirnya karena uda capek dan juga rasa dingin, kami putuskan untuk kembali ke hotel setelah makan malam.

Baca cerita lanjutannya di :
Cerita lengkap bisa dibaca di Euro Trip 2019

Artikel ini adalah cerita gue sebagai Kakdr, nantikan cerita yang lebih menarik versi Ipie ya.
Foto lengkap perjalan ini bisa dilihat di Facebook
Video lengkap trip ini bisa dilihat di Youtube
Please Follow & Like ya.

Update peta perjalanan

About Kakdr 245 Articles
Founder of "Kakdr Way (Ncek Glodok Style)" --- Aliran Penangkap Pisau Jatuh Anti Cut Loss