Jual & Beli Pakai Patokan

Sebagai newcomer atau nubi (newbie) di dunia saham, perlu diketahui kalau modal duit aja gak cukup untuk bisa mendapatkan keuntungan. ada banyak sekali hal hal yang perlu kita pelajari dan pahami. Salah dua aliran terbesar yang ada di bursa adalah aliran Fundamental dan Teknikal.
Ada PBV, DER, ROE, LK dll dll dll dalam Fundamental
Ada Support, Resisten, Golden Cross, Death Cross dll dll dll dalam Teknikal

dan itu semua harus dipelajari dan dimengerti karena semua poin poin tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisah2kan.
Mau belajar sampai kapan baru bisa mulai kalau gitu…..

Sambil menyelam minum air.
Praktek sambil Belajar.
Jangan pikirkan dulu cari keuntungan, yang penting jangan rugi dulu.
Karena dengan tidak rugi, artinya sudah untung.
Ini adalah prinsip dasar Kakdr Way.

Tabrak dulu, Benerin Kemudian.
Tanpa ilmu pengetahuan yang cukup, kita bisa gunakan dulu kemampuan dasar yang diberikan oleh Tuhan sejak kita lahir, yaitu Logika.
Ada beberapa poin yang bisa kita jadikan patokan untuk membeli / menjual sambil kita belajar dan memilih aliran yang cucok buat kita.

Kombinasi beberapa Poin dasar yang bisa dijadikan Patokan Jual dan Beli adalah:


1. Pisau Jatuh (harga yang sudah turun banyak)
A. Jika kita awalnya membeli sebuah saham di harga 1.000 kemudian turun sampai 500, itu artinya kita sedang dalam posisi Floating Loss -50%
B. Tetapi jika di harga 500 kita baru beli, maka resiko kita sudah turun separoh. Andaikan sampai salah pilih maksimal kerugian yang kita hadapi tinggal 500 bukan lagi 1.000.
Jika kita awalnya membeli sebuah saham di harga 500 (yang sudah turun dari 1.000) kemudian naik kembali ke 1.000 dan kita jual , itu artinya kita sudah merealisasikan Profit +100%

* Floating Loss -50% vs Floating Profit +100% , Risk vs Reward = -50% vs + 100%

Ini bisa kita jadikan Patokan, membeli di harga diskon untuk dijual kembali di harga normal

2. PBV <1 (Nilai Buku dibawah 1X)
Dengan membeli saham dengan PBV < 1 artinya kita membeli di harga yang diperdagangkan dibawah Nilai Buku yang sebenarnya (PBV = 1).
Harus diingat kalau harga yang diperjual belikan di bursa tidak hanya berdasarkan hitungan sebenar benarnya.
Bursa itu adalah Pasar
Di pasar terjadi Transaksi Jual & Beli berdasarkan kebutuhan yang mengandung unsur Emosional, Mental, Spekulasi, Proyeksi dan banyak lagi . karena unsur unsur inilah PBV saham saham di bursa itu bisa berbeda beda.

Ini bisa kita jadikan Patokan, membeli di harga PBV <1 untuk dijual kembali di harga PBV =1

5. Dividen Rutin dengan Yield diatas X%
Kita juga bisa membeli saham dengan histori Dividen Yield besar. diatas X% net misalnya. Dengan hanya membeli saham saham yang memberikan dividen diatas X%.

Misalnya pada contoh ilustrasi diatas, rata2 dividen 3 tahun CLPI adalah sebesar 69.75 Rupiah dan Dividen 2018 adalah sebesar 63.87 Rupiah.

Jika kita membeli di harga 685, maka jika tahun tahun mendatang dividen yang dibagikan adalah sebesar 69.75 Rupiah (rata rata 3 tahun) akan memberikan kita yield sebesar 10.1% dan jika sebesar 9.3% jika dividen tahun mendatang adalah sebesar 63.87 Rupiah (Dividen tahun 2018).

Lalu kita bandingkan jika kita depositokan uang tersebut, bisa dapat bunga berapa? Misalkan 4%

Ini bisa kita jadikan Patokan, membeli di harga ketika Yield >4% misalnya untuk dijual kembali di harga ketika Yield <4%

Jika kita bisa membeli sebuah saham yang memberikan kita 3 patokan untuk tahu kapan harus jual (ini yang disebut dengan Exit Plan) secara otomatis mental dan psikologis kita tidak akan terganggu ketika saham yang kita beli kemudian turun atau tidak naik naik.

Jangan lupa juga tambahkan Faktor Pengaman lainnya seperti baca disini untuk semakin mengamankan uang kita.
Karena Dengan Tidak Rugi, artinya Sudah Untung



About Kakdr 238 Articles
Founder of "Kakdr Way (Ncek Glodok Style)" --- Aliran Penangkap Pisau Jatuh Anti Cut Loss

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*