Saham dan Coin Toss (by : RedmondTho)

Saham dan Coin Toss

Jika kita melakukan toss koin, berapa persentase kemungkinan ekor dan kepala keluar? Dengan asumsi koinnya tidak rusak secara fisik, persentasenya adalah 50:50.

Jika toss dalam jumlah sedikit, kita bisa mendapatkan output kepala beruntun, atau ekor secara beruntun. Katakan anda hanya melakukan toss 6 kali, kemungkinan 50:50 berarti 3 kali kepala atau 3 kali ekor. Namun bisa saja anda mendapatkan 5 kepala 1 ekor dan sebaliknya. Simply karena jumlah toss-nya sedikit dan tidak merepresentasikan peluangnya.

Namun jika kita melakukan toss 100x, 1000x, 10.000x dan mencatat keluarannya, maka hasilnya pasti akan 50:50. yaaa, paling selisih 0.001% di salah satu sisi lah. Tapi tetap saja akan kembali ke distribusi normal yaitu 50:50. Ini adalah hukum probabilita yg tidak dpt ditentang seiring bnyknya jumlah percobaan yg dilakukan.

Sekarang tanpa mengatakan analisa/cara apa yg anda pakai, jika anda melakukan “taruhan” di dunia saham yg bergerak naik dan turun setiap detiknya, anda akan menemukan probabilita coin toss. Semakin sedikit anda melakukan toss, persentase anda untuk menang (atau kalah) telak akan lebih besar. Tetapi jika melakukan toss terlalu sering, anda akan memiliki persentase kalah dan menang yg sama, sehingga bisa dibilang anda hanya membuang2 waktu saja.

itulah kenapa Warren Buffett mengatakan bahwa dalam pasar saham hendaknya kita memperlakukan seperti punya punch card. Anda dikasih kartu yg hanya bisa dibolongin 20-30x saja seumur hidup anda. Artinya, anda seharusnya memperlakukan itu sebagai “batas” kesempatan anda melakukan picking emiten selama anda hidup dan berinvestasi.

Tentu saja, anda juga bisa 100x dalam setahun melakukan “punching” di kartu anda, dimana dalam 30 tahun berarti 3000x. Batas kartu anda dilubangi bergantung pada diri anda sendiri. Tapi kembali ke realita probabilita, semakin sering anda keluar masuk malah anda tidak akan kemana2.

Iya jika tidak kemana2, kalo malah habis? Ingat bahwa ada biaya (broker) yg harus anda bayar setiap melakukan coin toss. Jadi sebelum anda melakukan toss yg entah cuan atau tidak, anda sebenarnya sudah berada di posisi loss terlebih dahulu. The coin is a little bit skewed on the losing side.

Lucunya, mengurangi coin toss akan menutup kemungkinan rugi akibat anda dibayar jika menunggu, walaupun bergantung pada perusahaan dan kondisi keuangannya juga ya utk membagikan dividen atau tidak. The coin is skewed to winning side this time.

Penulis tentu saja harus objektif. Tidak menjamin anda juga yg hanya melakukan 20-30x keputusan investasi (atau mungkin kurang) dapat memberikan keuntungan. Bisa saja yg keluar lebih banyak ekor sehingga berujung boncos pula. Tapi setidaknya anda lebih tidak sibuk daripada melakukan keputusan investasi yg terlalu banyak dan ujung2nya hampir pasti tidak kemana2 (beda 0.00 sekian persen dari 50:50 juga tidak sebanding dengan kesibukan yg anda lakukan, dan ingat biaya broker tadi).

Jadi, make fewer bets. Go hard or go home. Atau make too much bets and going nowhere. The choice is yours. Kalopun anda keukeuh sama2 hasilnya 50:50 mau toss sedikit atau banyak, anda ngapain capek2 toss banyak2 melototin koinnya tiap saat jika outcomenya sama?

Karya Tulis dari Paman RedmondTho

About Kakdr 278 Articles
Founder of "Kakdr Way (Ncek Glodok Style)" --- Aliran Penangkap Pisau Jatuh Anti Cut Loss

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*