THE BEAUTY OF ENCEK GLODOK: THE SERIES (A Teaser) – by Bluerider2000

THE BEAUTY OF ENCEK GLODOK: THE SERIES (A Teaser) Source Link

Inikan forum saham, kok judul tulisannya “The beauty of encek glodok”? Kok Encek cantik sih, bukan Cece atau Cici di Glodok yang cantik-cantik ya? Mungkin itu beberapa pertanyaan yang langsung terlintas di kepala lu ketika membaca judul tulisan ini.

Sayangnya tulisan ini bukan mau bercerita tentang kecantikan Cece atau Cici di gelodok itu. Tulisan ini adalah tulisan pertama dari serial penjelasan gue mengenai @kakdr, salah satu stokbitors terkenal dan punya followers terbanyak di forum ini.

Whaaat? Kakdr cantik? Gak salah lu blue? Bukannya dia laki-laki ya, masa sih cantik? Ganteng kali maksud lu? Beberapa pertanyaan itu mungkin sekali lagi ada di benak lu ketika membaca penjelasan gue barusan..

Betul sekali, Kakdr adalah seorang pria, bukan perempuan, jadi gak mungkin cantik. Tapi, pria bernama asli Darta ini pastinya gak ganteng juga. Secara wajah dan penampilan pria paruh baya ini, ya B aja (aka standar om-om). Mateeng pohon lah, begitu biasa dia secara jumawa mengklaim tentang dirinya.

Oleh karena itu, tuiisan ini bukan akan membahas tentang ketampanan wajah Om Darta, tapi akan menjelaskan tentang kelebihan-kelebihan dari cara dan strategi dia berkebun saham di BEI.

Tulisan ini adalah semata-mata pendapat pribadi gue tentang setiap basic strategy dari Kakdr Way yang sering dia omongin si Om seperti kaset rusak yang diputar ulang terus di forum ini ataupun pada kesempatan lain.

Karena hanya berdasarkan pendapat pribadi, tentunya kebenaran dari apa yang nanti dipaparkan akan sangat subjektif dan tidak dapat dibuktikan secara ilmiah. Oleh karena itu juga, sebaiknya apa yang ditulis nanti tidak diterima mentah-mentah atau ditiru begitu saja.

In fact, Strategy Kakdrway ini, mungkin saja hanya cocok untuk dijalankan oleh Om Darta sendiri, dan tidak orang lain. Namun demikian, terdapat beberapa pelajaran/hikmah yang mungkin kita bisa ambil dari strategi tersebut.

Ide tulisan ini sebenarnya sudah sejak lama ada di kepala penulis, hanya saja belum ada kesempatan/waktu yang kosong untuk menuliskannya. Niat menulis tentang ini didasari oleh kekaguman penulis akan kekonsistenan kinerja strategy kakdrway ini dalam mengalahkan IHSG setiap tahunnya.

Jujur saja, penulis heran (sekaligus mengagumi) bagimana strategy yang begitu sederhana tersebut bisa mengalahkan index.

Keheranan penulis semakin menjadi, karena berdasarkan interaksi penulis dengan Om Kakdr, membaca tulisan/komentarnya di forum ini, atapun pengakuannya sendiri, Om ini sebenarnya tidak bisa membaca/mengerti Laporan Keungan (selayaknya seorang fundamentalist) atau tidak mengerti/bisa membaca chart (selayaknya seorang trader).

Bagaimana seseorang yang menganggap modal dan equity itu suatu hal yang beda (seharusnya yang benar keduanya sama), cuma mengandalkan RTI untuk liat PBV, Dividen yield, ROE, etc, dan kadang-kadang menerangkan banyak hal basic tentang saham secara keliru, bisa memiliki kinerja portofolio yang konsisten mengalahkan index tiap tahunnya?

Itu adalah pertanyaan utama yang menjadi misteri dan teka-teki yang coba akan dijawab dan diskusikan pada tulisan-tulisan berikutnya.

So, stay tuned di sini untuk menunggu tulisan-tulisan lain dari serial “the beauty of encek glodok” berikutnya.

Tabik.

Baca lanjutannya di THE BEAUTY OF ENCEK GLODOK: THE SERIES (Part 1)

About Kakdr 295 Articles
Founder of "Kakdr Way (Ncek Glodok Style)" --- Aliran Penangkap Pisau Jatuh Anti Cut Loss

Be the first to comment

Leave a Reply