Day 11 – Roma (Italy) 23 Desember 2019

Hari ini kami mengikuti Vatican Museums, Sistine Chapel, and St. Peter’s Basilica Tour. Tour Fast Line (menghindari antrian panjang masuk ke Vatican) yang sudah kami pesan sebelum dari Indonesia melalui Klook.

Perjalanan pagi ini menggunakan bus yang akan membawa kami menuju tempat berkumpul di luar tembok Vatican yaitu Bar L’ottagono yang sekalian tempat sarapan pagi kami.

Setelah sarapan, kami berkumpul bersama peserta lainnya. Mendengarkan instruksi, diberikan sebuah HT dan earphone untuk mendengarkan penjelasan dari tour guide di dalam Vatican nantinya.

Tour dimulai dengan menyusuri sepanjang tembok yang membatasi Kota Roma dengan Kota Vatican.
Kota Vatican adalah kota terkecil didunia sekaligus gereja terbesar di dunia. Gereja yang dibangun oleh Santo Petrus, murid pertama Yesus.

Tour dimulai dari sini, disini setiap peserta diberikan pass masuk yang fungsinya untuk masuk dan keluar tempat tempat tertentu. Tour berlangsung selama 3 jam, dari Museum Vatican, Sistine Chapel (tempat pemilihan Paus) dan berakhir di Gereja Santo Petrus (St Peter Basilica).

Karena gue bukan Katolik, jadi gue memilih untuk tidak bercerita lebih lanjut. Daripada salah cerita repot ntar hihihihi… Nanti tunggu Ipie aja ya yang cerita. artikel ini liat foto aja. Foto foto ini adalah sebagian foto dari Museum Vatican, untuk Foto dan Video lebih lengkap bisa dilihat di di Facebook atau Youtube Channel gue.

Intinya Vatican itu seluruhnya adalah cerita sejarah, lukisan dan ukiran. Nama yang sering disebut sebut disini adalah Michael Angelo, salah satu seniman yang berjasa dalam lukisan dan ukiran patung didalam Vatican.
Seluruh design dan lukisan serta ukiran di Sistine Chapel seluruhnya dikerjakan oleh beliau. Dan memang luar biasa karya yang dibuat oleh Michael Angelo.
Ada 6 lukisan di bagian kiri Sistine Chapel yang menceritakan tentang perjanjian lama (sebelum Yesus lahir) dan 6 lukisan di sebelah kanan yang menceritakan tentang perjanjian baru (setelah Yesus lahir).

Untuk Sistine Chapel tidak diperbolehkan mengambil foto atau video. Karena dianggap sebagai tempat Suci. Di tempat inilah pemilihan paus berlangsung.

Akhirnya sampailah di tempat yang gue paling tunggu tunggu. Pengen tau kayak apa sih gereja Santo Petrus di Vatican. hehehe. Gile broooo…. megah banget. sampe ternganga gue liatnya.
Kami juga diajak turun kebawah untuk melihat kuburan para Paus yang sudah meninggal.

Ini adalah altar Gereja Santo Petrus. Mohon maaf foto agak miring, karena diambil dari jarak jauh yang di zoom dan sedikit berdesakan.

Ini adalah persiapan yang dilakukan untuk Misa Natal 2019

Dari tempat inilah (ruang di lantai 2 yang ada tirai merah) Paus memberikan berkat nya kepada umat katolik di seluruh dunia.

Setelah Tour berakhir, kami mampir sebentar ke toko souvenir untuk membeli beberapa kenangan dari Vatican seperti salib dan rosaria, setelah itu makan siang dan langsung menuju stasiun metro untuk mengarah ke….

Trevi Fountain, disini kami melempar koin ke dalam kolam. Konon katanya kalau kita berhasil melempar koin ke dalamnya, maka kita akan bisa kembali lagi kesana. Katanyaaaaaa hihihihi….

Puas bermain di Trevi Fountain, kami pun kembali ke apartment tempat kami menginap, untuk makan malam dan tidur karena besok harus bangun subuh.

Baca cerita lanjutannya di : Day 12 – Budapest (Hungary) 24 Desember 2019
Cerita lengkap bisa dibaca di Euro Trip 2019

Artikel ini adalah cerita gue sebagai Kakdr, nantikan cerita yang lebih menarik versi Ipie ya.
Foto lengkap perjalan ini bisa dilihat di Facebook
Video lengkap trip ini bisa dilihat di Youtube
Please Follow & Like ya.

Update peta perjalanan

About Kakdr 245 Articles
Founder of "Kakdr Way (Ncek Glodok Style)" --- Aliran Penangkap Pisau Jatuh Anti Cut Loss