Day 13 – Budapest (Hungary) 25 Desember 2019

Budapest mungkin adalah kota yang paling gue suka sepanjang perjalanan 13 hari ini, entah dengan kota yang lainnya besok besok. Hari ini adalah hari dengan langkah kaki terbanyak sepanjang perjalanan Euro Trip 2019 dan itu belum termasuk yang naik bus Hop On Hop Off (HOHO)

Pagi pagi kami mengarah ke daerah sungai Danube yang menjadi pusat turis di Budapest, disana kami sarapan dan membeli tiket harian Big Bus HOHO yang membebaskan kami keliling kota Budapest. Didalam bus kita bisa mencolokan headset yang bisa kita dapatkan didalam bus untuk mendengarkan cerita dan sejarah setiap tempat yang bus singgahi. Perjalanan pertama kami adalah ke jalur biru yang hanya memiliki 1 destinasi, yaitu Citadella.

Citadella adalah sebuah benteng yang terletak di dataran paling tinggi kota Budapest, dahulu benteng tersebut digunakan untuk memantau musuh yang mendekati kota hendak menyerang. Ternyata Negara Hungaria dahulu pernah dijajah oleh banyak negara, termasuk oleh Turki, Rusia dan beberapa negara lainnya. Oleh karena itu letak benteng berada di dataran tertinggi kota Budapest.

Dari Citadella, kita bisa melihat seluruh Budapest. Termasuk Sungai Danube dan Jembatan Széchenyi Chain Bridge, yaitu jembatan yang menghubungkan antara Buda dan Pest.

Puas berfoto dan melihat lihat, kami kembali ke Danube Poin dan ganti bus HOHO ke jalur merah, tujuan kami berikutnya adalah ingin mengetahui suasana Stasiun kereta Budapest Nyugati.

Lah kok stasiunnya cuma begini? apa bener besok kami meninggalkan Budapest dari sini? agak panik kami jadi nya wkwkwkwk.
Jadi Budapest itu ada 3 stasiun besar yang masuk di Eurail Planner yang kami gunakan. Yaitu Nyugati, Keleti dan Kelenfold. Awalnya kami berpikir ketiga stasiun besar itu bisa saling terhubung untuk perjalanan kami besok meninggalkan Budapest. Tapi seperti nya yang ini tidak termasuk. hihihihihi.

Dari Nyugati, kami Hop On lagi kedalam bus dan mengikuti bus keliling sampai kembali ke Danube. Melihat pemandangan kota Budapest.

Turun di Danube, kami kembali berkeliling tanpa tentu arah, pokoknya dimana ada keramaian disitu kami melangkah hihihihi…. Sambil mengarah kembali ke Christmas Market untuk cari makan sambil bersiap siap untuk mengikuti Danube River Cruise. Cruise menyusuri sungai Danube di malam hari yang sudah kami pesan dari Indonesia.

Sore ini kami mencobai Goulash, makanan khas Hungaria yang terdiri dari gorengan (kalau di Indonesia kayak gorengan jagung gitu) dan diatasnya diberikan kari daging sapi, kentang dan bawang bombay dan beberapa cemilan lainnya. Mungkin karena udara yang dingin dan rasa lapar, kok rasanya makanan Hungaria lumayan enak semua hari ini wkwkwkwk.

Selesai makan, kami mengarah ke Dack 7 Danube river untuk mengikuti Cruise malam. Cruise yang cukup menyenangkan. Sepanjang cruise kita bisa mendengarkan cerita tentang sejarah bangunan yang kita lewati, termasuk fungsi penting sungai Danube dan bagaimana sejarah Jembatan Széchenyi Chain Bridge dibangun. Googling aja sendiri ya mengenai sejarahnya. Bahasa inggris gue pas2an, nanti takutnya malah salah cerita, repot gue hihihihi….

Beginilah kira kira hasil foto dari kapal yang dihalangi oleh kaca. Tak terasa perjalanan 1 jam menyusuri sungai Danube sudah berakhir. Seluruh foto dan video cruise (dan juga perjalanan eropa kami kali ini bisa dilihat di Facebook atau Youtube Channel gue.

Makan lagi….. wkwkwkwkw
Banyak teman dan saudara kami yang bertanya untuk perjalanan kami kali ini. Kok pindah pindah sama makan terus sih? kok gak kemana mana?
Loh 13 hari ini kami jalan jalan kok. Sudah 3 negara dan 9 kota kok. Pengalaman pindah dari 1 kota ke kota lain, dari 1 negara ke negara lain, dari 1 stasiun ke stasiun lain itu sungguh sungguh pengalaman yang menyenangkan loh.
Contohnya kata “Exit (keluar)” di Swiss disebut Ausgang, di Italy disebut Uscita, di Hungaria disebut Kijarat. Contohnya lagi, Awalnya gue kira Stasiun Zurich itu uda gede, ternyata stasiun Roma lebih gede lagi hihihihi….

Dari Swiss ke Italy ke Hungaria kami kuping harus membiasakan bahasa yang berubah. Belum lagi perbedaan rasa makanan, suhu, cuaca dan perilaku setiap negara.

Nah, besok kami pindah kota sekaligus pindah negara lagi nih. Kata keluar di bahasa negara tersebut disebut apa? Penasaran? tunggu cerita gue besok.

Tetapi sebelum meninggalkan Budapest, gue sempat membuat video kenang2an, yaitu menyebrangi Sungai Danube dari Buda ke Pest (Asal kata BudaPest) melewati Jembatan Széchenyi. Pengalaman yang tak terlupakan dan belum tentu bisa terulang lagi.

Baca cerita lanjutannya di : Day 14 – Vienna (Austria) 26 Desember 2019
Cerita lengkap bisa dibaca di Euro Trip 2019

Artikel ini adalah cerita gue sebagai Kakdr, nantikan cerita yang lebih menarik versi Ipie ya.
Foto lengkap perjalan ini bisa dilihat di Facebook
Video lengkap trip ini bisa dilihat di Youtube
Please Follow & Like ya.

Update peta perjalanan

About Kakdr 240 Articles
Founder of "Kakdr Way (Ncek Glodok Style)" --- Aliran Penangkap Pisau Jatuh Anti Cut Loss

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*