Mengapa Gue Anti Cut Loss?

Dalam setiap keputusan kita untuk membeli, selalu dibarengi dengan 2 konsekuensi kedepannya, yaitu harga kemudian NAIK atau TURUN.
Jika kemudian kita mengambil tindakan berikutnya berdasarkan Konsekuensi Naik dan Turun tersebut, maka konsekuensi berikutnya adalah antara Take Profit atau Cut Loss.

Nah selama kita yakin kalau emiten yang kita beli adalah emiten yang baik (baca : Kakdr Way – Basic Strategi), kita bisa saja menghilangkan faktor Cut Loss dengan dasar pemikiran:

A. Harga selalu bersifat Dinamis, selalu ada Naik & Turun.
Berdasarkan Hukum Dasar Ekonomi:
1. Supply > Demand maka Harga Turun
2. Supply < Demand maka Harga Naik
Pagi & Malam , Naik & Turun , Susah & Senang , pasti akan selalu datang silih berganti.
Demikianpun dengan Harga. Tidak mungkin harga selalu turun (selama pemilihan dasar kita benar), ada turun pasti ada naik, ada Turun dan Turun pasti ada Naik dan Naik.

B. WAKTU
Atas dasar pemikiran Poin A diatas, permasalahan yang kita hadapi sekarang hanyalah masalah KAPAN?.
Naik & Turun sudah pasti,
KAPAN? itu yang sulit ditebak.
Oleh Karena itu gue menggunakan Senjata Pamungkas Retailer yang paling Dahsyat, yaitu WAKTU!
Tungguin aja sampai Waktunya Tiba, yang penting Rewardnya nanti sesuai dengan waktu yang kita sudah korbankan.

C. INFLASI
Setiap tahunnya Indonesia selalu mengalami yang namanya Inflasi.
Menurut Wikipedia inflasi adalah suatu proses meningkatnya harga-harga secara umum dan terus-menerus (continue) berkaitan dengan mekanisme pasar yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain, konsumsi masyarakat yang meningkat, berlebihnya likuiditas di pasar yang memicu konsumsi atau bahkan spekulasi, sampai termasuk juga akibat adanya ketidaklancaran distribusi barang.[1] Dengan kata lain, inflasi juga merupakan proses menurunnya nilai mata uang secara kontinu.
Logika begonya, sekarang gue beli barang apapun, selama itu barang tidak rusak, atau tidak ketinggalan jaman, di tahun tahun mendatang NILAI barang itu pasti akan naik mengikuti Inflasi.

Nah berdasarkan Poin A B C diatas gue cuma perlu mempersiapkan 3 hal.
UANG DINGIN
dalam arti kata uang itu bersifat tidak diperlukan dalam keadaan apapun, andaikan hilang pun tidak mempengaruhi hidup gue sehari hari.
EXIT PLAN
Tentukan target mau TePe berapa persen? kalau dia turun lagi gue harus gimana? nambah lagi atau diam aja? kalau nambah, diharga berapa?
SABAR 
Setelah sudah menentukan Exit Plan, yang gue perlu lakukan selanjutnya hanyalah MENUNGGU.
Tunggu Giliran…
Ada Turun pasti ada Naik , Ada Floating Loss pasti ada Floating Cuan. Selama masih dalam posisi FLOATING LOSS ya gue tungguin aja sampai bisa REALIZED CUAN. Toh selama menunggu gue dapat ongkos tunggu berupa dividen, Toh selama menunggu jumlah Lot yang gue miliki gak bakalan berkurang.

Berdasarkan pengalaman gue punya 100+ emiten (nantikan tulisan hubungan Diversifikasi Lebar & Probabilitas), 50% emiten sudah bisa realized cuan kurang dari 2 tahun, 40% lebih emiten antara 2 tahun sampai 3 tahun dan hanya kurang 10% emiten yang butuh kesabaran extra.


Disclaimer: Tulisan dalam Web ini bukan sesuatu yang bersifat Pasti, tapi hanya merupakan cerita berdasarkan pemikiran & pengalaman. jangan ditelan mentah mentah, tapi harus dipikirkan juga apakah ini masuk akal atau tidak, aplikabel atau tidak.

About Kakdr 245 Articles
Founder of "Kakdr Way (Ncek Glodok Style)" --- Aliran Penangkap Pisau Jatuh Anti Cut Loss

6 Comments

  1. Pengalaman hidup yg luar biasa, bukan cuma sekedar melihat dan membaca. Sangat mungkin pernah menyentuh titik nadir dalam hidupnya, lalu bangkit dan menginspirasi banyak orang

  2. Ini serupa dengan jurus pamungkas yang dipakai pemenang Inspired Mandiri Online System Trading Aab Abdullah, dimana jika saham merah maka tahan, jika hijau jual. Warren Buulffett pun selalu aturan utanya never lose your money. Seperti di dunia persilatan, jika tak menguasai jurus, maka jurus pamungkas adalah lari. Niscaya selamat dari belantara rimba saham.

  3. Nah baru ketahuan kenapa dulu ane suka CL berkat artikel semacam ini hidup ane seakan akan ky bayi baru lahir akhirnya ada semangat buat semakin lbh baik di kemudian hari, mantap nih artikel lanjutkan trus ya bos sering2 post yg beerguna ky gini

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*