Trick mencari uang jajan atas xxxx-R Kita

Data closing 27 Juni 2019

Jika kita mendapatkan jatah Right Issue (R) namun kita tidak berniat menebusnya, jangan diabaikan begitu saja. Ada kesempatan untuk mencari uang selisih.

Coba perhatikan data di atas,
LPKR melakukan aksi korporasi Right Issue dengan aturan main adalah Setiap 10 lembar saham lama yang kita miliki, kita berhak menebus 21 lembar saham yang baru diterbitkan dengan harga 235 Rupiah
Artinya jika sampai tanggal 24 Juni 2019 kita masih memiliki 10 Lot LPKR, maka kita berhak membeli 21 Lot saham LPRK yang baru diterbitkan dengah harga tebus adalah 235 Rupiah per lembarnya.
* ilustrasi menggunakan 10 lot supaya gampang hitungnya.

Catat! harga tebus selembar atas LPKR-R adalah 235 Rupiah.
Sekarang perhatikan harga yang tercipta di pasar, harga jual beli yang terjadi di pasar adalah di harga 270 Rupiah.
Artinya terdapat selisih antara harga pasar dengan harga tebus.

Jika kita LPKR-R sudah muncul di porto folio kita, itu artinya kita sudah bisa menebus R tersebut jikaaaa kita berniat untuk menebusnya.

Tetapi jika kita tidak berniat untuk menebusnya, jangan diabaikan begitu saja. Ada selisih celah 35 Rupiah (270 – 235) yang bisa kita manfaatkan.

Dengan ilustrasi memiliki 10 Lot LPKR dan mendapatkan hak menebus 21 Lot LPKR-R diatas, kita bisa melakukan aksi jual beli yang langsung bisa menghasilkan keuntungan. Anggap aja dapat dividen.

Jual LPKR , Tebus LPKR-R
Tanggal perdagangan LPKR-R dimulai sejak 27 Juni 2019 sampai 10 Juli 2019. Ingat!!! menebus R hanya bisa dilakukan di Sesi Satu jam bursa , dan R yang kita miliki harus ditebus dengan cash, tidak bisa hutang hutangan.

Jika kita menjual 10 Lot LPKR kita di pasar reguler seharga 270 Rupiah, dan langsung menebus 10 Lot LPKR-R kita diharga 235 Rupiah (cara menebus R hubungi sekuritas masing masing untuk tata caranya) , maka dalam aksi yang kita lakukan tersebut, kita langsung merealisasikan keuntungan sebesar 35 Rupiah (270 – 235)

Anggaplah modal LPKR kita adalah 350 Rupiah (beli di pucuk), maka atas aksi kita tersebut, kita anggap aja baru dapat dividen dari LPKR hihihihi….
1. Jual 10 Lot LPKR milik kita , dapat uang 2.700.000
2. Tebus 10 Lot LPKR-R milik kita , bayar uang 2.350.000 (tapi ini harus bayar pake cash)
*** Selisih 350.000 Rupiah Net (35 Rupiah per lembar) , anggap aja LPKR baru membagikan dividen 10% yield (35 / 350 * 100%)

3. Jika LPKR-R yang kita tebus sudah masuk ke portofolio kita (berupa LPKR ingat baik baik!) dan masih belum mencapai tanggal Trading END, kita bisa jual lagi 10 Lot LPKR kita untuk kemudian tebus lagi 10 Lot LPKR-R yang masih tersisa 11 Lot. Dapat lagi uang jajan 350.000 Rupiah.
* ps gue gak begitu ingat apakah ketika ditebus R nya kemudian LPKR akan langsung masuk ke porto folio kita, perhatikan sendiri sendiri. yang penting harus teliti aja. jangan sampai uang jajan gak dapat malah kejeblos karena kurang teliti.

Kira kira begitulah trick terhadap R kita yang tidak ada niat ditebus, dari pada diabaikan akhirnya hangus begitu saja, coba aja hitung hitung apakah masih ada celah buat kita.

PS.
*Trick Jual LPKR & Tebus LPKR-R (dan juga RI emiten lainnya) hanyalah aksi untuk mencari keuntungan atas selisih di pasar. Tidak membuat modal LPKR kita menjadi turun.
Kalau kita beli LPKR di 350, artinya modal kita tetap 350 Rupiah, bukan menjadi 235 Rupiah. Pencatatan yang baik itu sangat penting!
Artikel mencatat transaksi jual beli : http://kakdr.com/mencatat-sendiri-portofolio/
*Gue tidak punya LPKR sehingga tidak bisa menampilkan Screen Shot LPKR & LPKR-R dalam bentuk penjelasan


Artikel terkait :
Strategi dasar Konsep & memilih emiten :https://kakdr.com/category/basic-strategi/
Yang penting jangan rugi dulu, karena dengan tidak rugi artinya sudah untung:https://kakdr.com/category/mindset-logika-matematika/
Download File, Istilah & Tutorial :https://kakdr.com/category/pojok-download-istilah/

About Kakdr 245 Articles
Founder of "Kakdr Way (Ncek Glodok Style)" --- Aliran Penangkap Pisau Jatuh Anti Cut Loss

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*