Visa Schengen

Visa Schengen adalah produk dari Perjanjian Schengen tentang penghapusan pengawasan perbatasan antar negara negara Uni Eropa. Disebut Schengen karena perjanjian ini ditandatangani di sebuah tempat bernama Schengen, suatu desa di negara Luksemburg

Cukup dengan 1 Visa, kita sudah bisa mengunjungi 26 negara Uni Eropa yang tergabung didalamnya.

Negara yang termasuk dalam Visa Schengen adalah:
Austria, Belanda, Belgia, Denmark, Estonia, Finlandia, Hongaria, Islandia, Italy, Jerman, Latvia, Liechtenstein, Lituania, Luksemburg, Malta, Norwegia, Prancis, Polandia, Portugal, Republik Ceko, Slovenia, Slowakia, Spanyol, Swedia, Swiss dan Yunani

Jika kita ingin berpergian ke Eropa dengan tujuan banyak negara, maka cukup dengan 1 Visa Schangen kita sudah bisa masuk keluar negara yang tergabung dalam Perjanjian Schengen

Pengalaman mengurus Visa Schengen.
Visa Schengen dapat kita minta di negara yang paling lama kita kunjungi selama perjalanan. Misalkan kita hendak berpergian selama 10 hari dengan destinasi 3 negara dan negara Swiss adalah negara yang paling lama kita akan tinggal, maka lebih baik kita meminta Visa Schengen dari negara Swiss. Tetapi jika semua negara kita kunjungi dengan durasi yang sama, maka kita harus memintanya dari kedutaan tempat kita mendarat pertama kalinya.

Persyaratan yang dibutuhkan untuk meminta Visa Schangen Swiss adalah:

  • Paspor yang masa berlaku lebih dari 6 bulan dari tanggal kepulangan dari perjalanan ini dan paspor lama (sebagai bukti pendukung bahwa kita sudah terbiasa melakukan perjalanan keluar negeri).
  • Pas foto berwarna terbaru ukuran 3,5 x 4,5 = 2 lembar, dengan latar belakang putih, dan hasil cetakan yang baik diatas kertas cetak foto, bermutu cetak baik dan jelas penampilannya, Foto belum pernah dipakai untuk permohonan visa dikedutaan manapun. Fokus muka 70% dan tidak menggunakan kaca mata.
  • Surat sponsor berbahasa Inggris di atas kop surat perusahaan dimana yang bersangkutan bekerja distempel perusahaan. Jika ada orang lain/anggota keluarga yang ikut bepergian maka dicantumkan nama dan status orang tersebut. (Contoh Surat Sponsor bisa Googling)
  • Bukti keuangan 3 bulan terakhir Pribadi  dan perusahaan jika yang membayar perusahaan ,fotokopi Rekening koran atau Buku tabungan (dari halaman depan yang tercantum nama dan nomor rekening sampai dengan halaman terakhir transaksi).
  • Kartu Keluarga (Copy)
  • Akte Nikah (Copy)
  • KTP (Copy)
  • Melengkapi Formulir Konfirmasi
  • Print Out ticket Eropa
  • Asuransi perjalanan selama di Eropa

Setelah semua persyaratan disiapkan kita bisa serahkan (Sendiri atau bisa juga melalui biro jasa) ke VFS Global.
Di Jakarta, lokasi VFS Global (Swiss) yang gue datangi terletak di VFS Switzerland Kuningan City Mall 1st floor, Jl Prof DR Satrio Kav 18 Setiabudi-Kuningan.

VFS Global (Visa Facilitation Service Global) adalah perusahaan komersial yang diberikan otoritas oleh Kedutaan negara bersangkutan untuk meberikan informasi mengenai prosedur dan persyaratan yang lengkap untuk Visa kepada calon pemohon visa dan untuk menerima aplikasi visa. Akan tetapi semua keputusan mengenai visa merupakan hak Kedutaan bersangkutan.

VFS Global
Papan petunjuk lokasi negara yang hendak dituju
Suasana VFS Global Kuningan City Mall

Setelah menyerahkan persyaratan yang diperlukan, selanjutnya kita tinggal tunggu panggilan untuk rekam foto dan sidik jari.

Surat panggilan rekam foto & sidik jari
Visa Schengen yang diterbitkan oleh Negara Swiss
About ipie 2 Articles
Ipie the explorer

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*