Fungsi Penting GTC

GTC (Good Till Cancel – Apa itu?) adalah sebuah fitur yang sangat penting bagi kita yang tidak memiliki waktu banyak pada jam bursa.

Kalau lu sudah membaca artikel KBLM Pisau Jatuh Berkualitas? dan mengikuti TP Plan nya, seharusnya hari ini sudah berhasil merealisasikan TP pertama di +50%

Tetapi bagi yang tidak menggunakan GTC, bisa dipastikan pasti hari ini tidak berhasil merealisasikan keuntungan 50%, termasuk gue *nangis

Pergerakan harga KBLM 14 Agustus 2019

Sampai dengan kira kira jam 14.00 siang , KBLM hanya bergerak di rentang 300 sampai 312, tetapi mendadak menjelang jam 14.00 harga mendadak naik tinggi sekali. Tetapi saat itu jika kita baru bereaksi memasang SELL, bisa dipastikan sudah tidak bisa terjual. Kenapa?
Karena jarak Bid dan Offer nya terlalu jauh dan terlalu tipis.
Antri di Offer hampir pasti gak bakalan dimakan (kecuali kalau lagi beruntung ada tabraker nubi yang hobi beli di pucuk), sementara antri TUKI (Tubruk Kiri) harganya drop jauh.

Ini adalah fungsi dari GTC.
GTC itu berbeda dengan Automatic Trading.
Kalau kita memasang GTC, maka oleh OLT kita, sejak pagi hari dia sudah langsung pasangkan Jual / Beli yang kita inginkan, jika tidak berhasil dia besok akan pasang ulang lagi, sampai dapat atau expired masa nya.

Kalau automatic trading, dia itu di trigger oleh harga berlangsung. Jadi jika harga sudah menyentuh harga tertentu, maka sistem baru akan memasangkan Jual / Beli yang kita perintahkan.

Perlu diketahui, di bursa transaksi tidak selalu antara pembeli dan penjual murni.
Tetapi seringkali juga digerakan oleh pihak yang memiliki kepentingan tertentu (mungkin untuk menarik perhatian retail, atau apalah itu). Keadaan yang seperti ini biasanya hanya terjadi jika tidak ada Bid / Offer yang terlalu banyak, sehingga untuk menarik atau membanting harga tidak butuh modal terlalu besar.

Juga, di bursa ini mayoritas adalah trader, mereka bergerak berdasarkan chart. berdasarkan support dan resisten. Titk Support dan Resisten itu tidak selalu terjadi secara alami, tetapi seringkali juga di lukis.
Jadi ada pihak tertentu yang setiap harinya menjaga harga agar tetap rapih hingga membentuk sebuah pola Support dan Resisten.
Trader itu kebanyakan disiplin pola.
Tembus resisten , tabrak….
Tembus support, buang….

Tukang lukis, untuk bisa menciptakan lukisan yang indah, yang menarik perhatian trader, terkadang dia harus menarik atau membanting paksa harga agar lukisannya bisa dilanjutkan.
Nah, disinilah fungsi GTC dapat kita gunakan.

Jika sejak awal kita sudah membeli KBLM di kisaran harga 240 seperti pada artikel KBLM Pisau Jatuh Berkualitas? dan kita sudah pasangkan GTC TP +50% di sekitar 360 Rupiah, maka sejak tadi pagi Offer kita di 360 sudah langsung dipasangkan oleh aplikasi OLT (Online Trading) kita.
Ketika terjadi tarikan harga dari 312 sampai 390, dia tetap harus melewati dulu harga 360 sampai 388 rupiah. Kalau Offer di 360 sampai 388 Rupiah tidak di beli, maka tidak bisa angka 390 tercapai.
Inilah fungsi GTC yang sangat penting

Baca : Sideways, Uptrend dan Downtrend

Ketika hendak menciptakan Uptrend ataupun Downtrend, tukang lukis terpaksa menerabas semua rintangan yang ada didepannya agar lukisan membentuk Uptrend atau Downtrend nya bisa terlukis dengan baik. Jika tidak diterabas, gak bakaln jadi itu lukisan.

Oleh karena itulah, kita memasang GTC.
Jika pergerakan KBLM hari ini kita anggap sebagai pelukis yang hendak menciptakan Uptrend, maka semua rintangan di 212 sampai 388 dia harus terabas… dia harus makan itu offer supaya harga bisa menyentuh harga 390. Jadi andaikan awalnya kita beli di 260 pun, GTC Sell +50% kita di 388 pasti akan habis dimakan. karena kalau tidak habis dimakan , harga 390 tidak akan tersentuh.
Tetapi jika kita tidak memasang GTC (kayak gue wkwkwkwkw) maka ketika harga mencapai 390 kita baru pasang Sell di 388, sudah terlambat, karena bid nya ada di 330. Jaraknya jauh sekali tadi.

KakdrWay bukanlah Trend Follower, KakdrWay tidak peduli Uptrend atau Downtrend, tidak pedulu Golden Cross atau Death Cross.
Pokoknya kalau sudah +50% TP , kalau sudah +100% TP lagi
Pokoknya kalau sudah -30% AVG Down, kalau -30% lagi AVG Down lagi
Urusan masih uptrend atau Golden Cross uda gak mau tau, karena di bursa ada 600+ emiten yang masih bisa kita beli andaikan kita TP walaupun di posisi Uptrend ataupun Golden Cross.

AVG Down 30% tetap harus dijalankan walaupun lagi downtrend ataupun Death Cross, karena downtrend tidaklah pasti harga akan lanjut turun, karena death cross pun harga tidak pasti akan lanjut turun, tapi seringkali juga terjadi tipuan Downtrend ataupun Deathcross tapi harga malah naik tinggi.

Jadi…..
Ayo Disiplin pasang GTC

Bagikan :
About Kakdr 174 Articles
Founder of "Kakdr Way (Ncek Glodok Style)" --- Strategy Aliran Penangkap Pisau Jatuh Anti Cut Loss

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*