AALI – Pisau Jatuh

Shareholders Composition (Effective 31 Mar 2019)
PT Astra International Tbk 79.68%
Public (<5%) 20.32%

Komposisi kepemilikan saham inilah yang membuat gue tertarik membuat post ini. 70.68% di pegang oleh Astra sendiri.

Walaupun sekarang CPO sedang diserang kanan kiri, juga harga sedang jatuh2nya, tapi menurut gue sekarang adalah saatnya untuk mulai akumulasi.

Harga sudah jatuh 58% dari harga tertinggi 5 tahunnya. PBV pun sisa 1.1X, sudah sesuai nilai buku yaitu 1. Hutang hanya 0.4X modal. Kinerja tahun 2018 pun masih mencatatkan untung.
Dalam dunia dagang, untung rugi itu wajar. Untung banyak untung sedikit judulnya tetap untung.

Oke gak pake panjang lebar, kita langsung aja siapkan AVG Plan (mencari tahu resiko maksimal) dan TP Plan.

Template AVG Plan & TP Plan bisa di download di : http://kakdr.com/avg-tp-plan-template-ala-kakdrway-upd-april-2019/

Resiko menangkap pisau jatuh dengan harga tinggi (diatas 10.000) adalah kita harus mempersiapkan diri terus menangkap sampai harganya 50. dan jika kemudian delisting, maka kita akan kehilangan semuanya. Oleh karena itu pemilihan emiten yang benar itu sangat penting.
baca : http://kakdr.com/easy-way-kakdr-way-bagian-2-basic-strategy/

Dalam ilustrasi diatas gue hanya menghitung sampai 10X Averaging Down. Karena dengan data dan fakta tabel diatas, rasanya jika turun sampai bahkan 3.729 pun sudah hampir tidak mungkin. Astra booooo! Dividen Rutin pula.
Tetapi ya namanya juga mencari tahu resiko maksimal. baca : http://kakdr.com/kakdr-way-yang-penting-jangan-rugi-dulu/ ya kita siapkan aja deh hitungan sampai 10X Averaging Down.

Perlu diketahui, jika harga melanjutkan turun sampai 3.729 maka:
* PBV nya hanya tinggal 0.37X
* Dengan asumsi dividen rata rata, maka rata2 dividen 3 tahun terakhir akan memberikan dividen yield net sampai 5.86%. 5 tahun terakhir 8.69%. Dan jika kita mengacu pada dividen terakhir tahun 2019 sebesar 224 Rupiah artinya yieldnya bisa sampai 5.4% net belum termasuk dividen interim (jika ada)

Jika (ini jika) harga ternyata benar benar jatuh sampai 305 Rupiah (Averaging Down terakhir) maka dengan pembelian nominal yang sama sekitar 6.500.000, total total kita akan memiliki 700 Lot dengan modal rata rata per lembar 1.030 Rupiah.
Perlu diingat…. Jika harga turun sampai 305 Rupiah, itu artinya harga sudah turun sampai 98.84% dari harga tertingginya 5 tahun. Sesuatu yang hampir mustahil terjadi.

Lalu bagaimana dengan TP Plan nya?
dalam tabel diatas gue menggunakan patokan TP +50% dan +100% (bagi 2X jual).
Mengapa +50% dan +100%?
Perlu diketahui bahwa, Jika harga dari 1.000 turun ke 500 itu artinya turun -50%, tetapi harga dari 500 naik ke 1.000 itu artinya naik +100%. Dengan memanfaatkan matematika dasar ini saja sebenarnya kita sudah bisa cari uang di bursa. hanya dibutuhkan kesabaran dan diversifikasi saja untuk memperbesar probabilitas dan mempercepat realisasi keuntungan.
baca : http://kakdr.com/turun-30-cuan-50/

Tetapi dengan tabel diatas juga kita bisa lihat, bahwa kalau kita beli di 10.875 dan bisa bersabar menunggu sampai harga kembali ke titik tertinggi 5 tahunnya di 26.356, masih ada potensi keuntungan sampai +142%. Apalagi jika kemudian harga turun sampai 3.729 atau bahkan 305 Rupiah.

Potensi Keuntungan jika harga kembali ke titik tertinggi 5 tahunnya, Dividen yield, PBV yang tinggal 0.37X.
Inilah alasan mengapa gue bilang untuk turun sampai 3.729 saja rasanya hampir mustahil.

Jadi, selain berpatokan TP pada harga (pisau jatuh) kita juga bisa berpatokan pada dividen yield, bisa juga berpatokan pada PBV dan lain lain. baca : http://kakdr.com/jual-beli-pakai-patokan/

Jadi setelah membeli, jangan langsung diharapkan naik. kalau masih punya duit harapkan turun lagi. kalau uda gak punya duit, harapkan sideways aja sampai punya duit buat nambah. hihihihihi

Kapan TP? Nah ini yang gue gak bisa jawab. 
Tapi kalau setahun kita hanya menargetkan uang kita bertumbuh 15%, maka, maka jika 5 tahun kemudian harga AALI baru naik ke 21.750 rupiah, itu sudah sama artinya dengan pertumbuhan 15% pertahun baca: Target, Compound dan (Waktu) belum termasuk dividen selama menunggu (jika ada)

Ada 1 mindset yang harus kita tanamkan adalah, KALAU kita sanggup tahan Floating Loss sampai 30% tanpa Cut Loss, MAKA kita harus sanggup juga tahan Floating Profit sampai +30% atau +60% baru Take Profit. Terkesan sepele, tapi ini sebenarnya sangat penting.

PS. Keras!
Post ini hanyalah ilustrasi dan sharing pandangan, BUKAN ajakan membeli ataupun menjual.
Perlu diketahui bahwa menangkap pisau jatuh mengandung resiko.
Namanya aja MenangkapPisau Jatuh
Oleh karena itu harus dipikirkan benar benar, dan harus yakin benar benar kalau analisa kita itu sudah benar.

About Kakdr 239 Articles
Founder of "Kakdr Way (Ncek Glodok Style)" --- Aliran Penangkap Pisau Jatuh Anti Cut Loss

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*