NGESOT

ps keras!
Aksi ini dilakukan atas dasar pertimbangan seluruh emiten memiliki kualitas yang sama baiknya. Hanya memanfaatkan momentum naik & turun emiten

Jual BEST JTPE & JRPT untuk Beli TOTO

Hari ini gue melakukan aksi Ngesot, bahasa gue yang kalau di dunia saham biasa disebut Sort.
Bedanya adalah kalau Sort itu adalah tindahkan spekulasi yang menjual tanpa memiliki saham dengan harapan harga akan turun. Sementara Ngesot ala KakdrWay adalah tindakan merealisasikan keuntungan (dengan alasan Pindah Kapal atau lainnya) disertai aksi langsung pasang GTC Buyback di harga yang lebih rendah.
baca : https://kakdr.com/pindah-kapal-switch/

Jika Sort pada dunia saham dilakukan atas dasar spekulasi karena tidak memiliki saham tersebut, maka Ngesot ala KakdrWay tidak mengandung unsur spekulasi. Mengapa? Karena emiten yang dijual itu memang sudah dimiliki, dan sudah untung.

JTPE sudah menjadi bagian dari portofolio gue sejak tahun 2016. Ketika itu gue masuk JTPE adalah dengan pertimbangan untuk disimpan sampai pemilu karena pemilu pasti membutuhkan banyak kertas untuk di cetak, dan salah satu nya adalah JTPE .
Selama dalam portofolio , JTPE sudah memberikan Dividen sebesar 108 Rupiah net. Jika kita bandingkan dengan modal beli, artinya dari dividen saja sudah memberikan return sebesar 36%.

Sejak tahun 2016, JTPE sudah mengalami kenaikan dari 200an sampai 1.010 ketika aksi ngesot dilakukan. Sementara dalam periode yang sama TOTO justru mengalami penurunan dari 710 menjadi 314.
Coba perhatikan gambar diatas. Garis JTPE menjulang keatas sementara garis TOTO malah kebawah. Perbedaan bentuk garis JTPE dan TOTO menciptakan jarang yang semakin lama semakin lebar.

Dalam keadaan seperti ini, kemungkinan garis JTPE untuk melanjutkan kenaikan menjadi lebih kecil daripada kemungkinan untuk mulai turun.
Sementara kemungkinan garis TOTO untuk melanjutkan penurunan menjadi lebih kecil daripada kemungkinan untuk mulai naik

Dengan uang 10.500.000 di tahun 2016, saat itu kita bisa membeli :
A. 350 Lot JTPE di harga 300 Rupiah
B. 150 Lot TOTO di harga 700 Rupiah

Dengan uang 10.500.000 Kemarin, kita bisa membeli :
A. 152 Lot JTPE (berkurang 198 Lot dibandingkan jika kita beli 350 Lot di harga 300 Rupiah
B. 150 Lot TOTO (bertambah 182 Lot dibandingkan jika kita beli 150 Lot di harga 700 Rupiah)

Jika di tahun 2016 kita membeli 350 Lot JTPE di harga 300 dan kita jual kemarin di harga 1.010 maka dengan uang tersebut kita bisa belikan 1.119 Lot TOTO

Jika di tahun 2016 kita membeli 150 Lot TOTO di harga 700 dan kita jual kemarin di harga 316 maka dengan uang tersebut kita bisa belikan (hanya) 47 Lot JTPE

Nah kebetulan gue punya JTPE yang sudah gue beli sejak tahun 2016.
Mengapa kebetulan? inilah enaknya punya portofolio hypermarket. Semakin banyak emiten yang kita miliki, semakin besar probabilitas kita memiliki emiten yang terbang tinggi (juga turun banyak).

Hampir setiap tahun pasti ada emiten yang dibawa terbang tinggi dan juga emiten yang dibawa nyungsep dalam, seperti JTPE dan TOTO saat ini.

JTPE BEST & TOTO memiliki kesamaan yaitu rutin membagikan dividen.
Gue bukan orang yang pintar Fundamental ataupun Teknikal, gue gak bisa baca LK, gue gak bisa memproyeksi masa depan sebuah emiten seperti yang biasa fundamentalis lakukan. Gue gak bisa membaca dimana letak titik support dan resisten. Gak mau sih sebenarnya bukan gak bisa hihihihi.
Tapi gue bisa hitung dan ngerti sedikit Money Management. Dan inilah yang gue lakukan.

2 Dasar sederhana yang membuat gue menjual JTPE dan menukarkan dengan TOTO hanyalah :
1. Harga JTPE sudah naik tinggi sehingga kemungkinan turunnya akan lebih besar kedepannya. Sementara harga TOTO malah turun banyak sehingga kemungkinan naiknya akan lebih besar kedepannya.
2. Dengan menjual JTPE dan membelikan TOTO gue bisa dapatkan dividen lebih banyak.
Udah…. 2 hal itu aja, sisanya gue mengandalkan waktu

Pertimbangan dari sisi Dividen

Jika kita membiarkan 300 Lot JTPE kita dalam keadaan Floating Profit, dengan asumsi dividen tahun tahun mendatang adalah rata2 dividen 3 tahun, maka untuk tahun tahun selanjutnya gue akan mendapatkan dividen yield sekitar 3.15% disertai dengan resiko harga turun yang lebih besar karena alasan harga yang sudah naik tinggi sejak tahun 2016

Jika kita menukar 300 Lot JTPE kita menjadi 1.119 Lot TOTO, dengan asumsi dividen tahun tahun mendatang adalah rata2 dividen 3 tahun, maka untuk tahun tahun selanjutnya kita akan mendapatkan dividen yield sekitar 3.27% disertai dengan resiko harga turun yang lebih kecil karena alasan harga yang sudah turun dalam sejak tahun 2016

Ada selisih dividen yang akan kita terima sampai 19.6% jika kita membandingkan dividen JTPE dan TOTO yang akan kita terima di tahun tahun mendatang.

Pertimbangan dari sisi kenaikan harga yang harus dicapai

Sekarang coba perhatikan baris 10.
Jika kita menukarkan 300 Lot JTPE kita menjadi 1.119 Lot TOTO di harga 316. JIKA (ini jika) kita mengharapkan keuntungan 100% , maka harga harus naik 320 Rupiah sampai 636 Rupiah. Sementara dari sejarah harga 5 tahun kita ketahui harga tertinggi pernah berasa di 717 Rupiah. Atau masih turun -11.2% jika dibandingkan dengan harga tertinggi nya 5 tahun.

Jika kita diamkan posisi 300 Lot JTPE kita, untuk mengharapkan keuntungan yang sama (Equity 71 juta) maka harga JTPE harus naik 1.020 Rupiah sampai 2.030. Yang artinya harga JTPE harus terus menciptakan harga tertinggi sepanjang masa

Dari sini, terdapat perbedaan resiko antara JTPE dan TOTO,
Maksimal turunnya TOTO jika ke 50 Rupiah di harga 316 hanyalah 266 Rupiah lagi. Resiko penurunan harga TOTO dari 717 menjadi 316 kita tidak terkena akibatnya.

sementara maksimal turunnya JTPE jika ke 50 Rupiah di harga 1.010 adalah 960 Rupiah. Jika JTPE kemudian turun sampai 50, maka Floating Profit yang awalnya kita rasakan malah berbalik menjadi Floating Loss.
baca : https://kakdr.com/sepuluh-tahun-yang-lalu/

Dengan Merealisasikan keuntungan JTPE artinya kita sudah menghapus kemungkinan resiko harga akan turun kembali, dan dengan memindahkannya menjadi TOTO artinya kita membuka kemungkinan reward harga akan naik kembali. Ada Naik pasti ada Turun.
baca: https://kakdr.com/sideways-uptrend-dan-downtrend/

Lalu apakah artinya JTPE , BEST & JRPT setelah gue jual berakhir begitu saja?
Tentu tidak….

GTC telah terpasang. Bagaimanapun juga Realized Profit tetap lebih bermanfaat daripada Floating Profit.
baca : https://kakdr.com/buy-tepe-buyback/

Baca juga : https://kakdr.com/toto-pisau-jatuh/

ps keras!
Aksi ini dilakukan atas dasar pertimbangan seluruh emiten memiliki kualitas yang sama baiknya. Hanya memanfaatkan momentum naik & turun emiten.
Kesempatan kesempatan seperti ini tidak selalu terjadi, hanya bisa terjadi dalam keadaan IHSG sedang downtrend.

Bagikan :
About Kakdr 174 Articles
Founder of "Kakdr Way (Ncek Glodok Style)" --- Strategy Aliran Penangkap Pisau Jatuh Anti Cut Loss

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*