SMBR Part 1 (Real Case) – Jual & Beli Kembali

Artikel ini adalah contoh dari pelaksanaan strategi : http://kakdr.com/buy-tepe-buyback/


Mencatat Transaksi yang baik itu sangat penting
Download disini : http://kakdr.com/mencatat-sendiri-portofolio/ & https://kakdr.com/mancatat-sendiri-transaksi-penjualan/

Dengan memiliki pencatatan, ketika hendak membeli saham, kita jadi bisa tau posisi kita. Apakah ingin membeli emiten baru ataukah ada yang bisa dibeli kembali.

November 2013, saat itu gue membeli X lot SMBR di harga 422 Rupiah. Yang kemudian gue realisasikan keuntungannya di harga 1.105 (+160% net) , di harga 1.200 (+183% net) dan di harga 1.710 (+303% net).

Reminder Calendar


Tadi pagi gue diingatkan oleh catatan kalender di hape kalau hari ini akan ada dividen dari KBLM (baca pisau jatuh KBLM https://kakdr.com/kblm-pisau-jatuh-berkualitas/ ). Langsung buka catatan transaksi penjualan. Kelihatan lah catatan penjualan mengenai SMBR

Kelihatan bahwa gue pernah memiliki X lot SMBR yang gue beli di harga 422 Rupiah di tahun 2013, dan sudah gue jual di 1.710 Rupiah di tahun 2019.
Berapa harganya sekarang? 640 Rupiah!!!
Jadi kalau gue buyback X Lot SMBR di harga 640 , setelah jual di 1.710 berarti gue masih mendapatkan selisih rupiah sebesar 1.075 Rupiah (1.710 – 635) sedangkan modal asli gue di tahun 2013 hanya 422 rupiah.
Jadi kalau setelah di buyback ternyata SMBR delisting pun secara real kita sudah kembali modal plus cuan bagger.

Langsung Cek chart Pisau Jatuh dan data dividen

Mau bagi Dividen (Belum Cum Date)
Chart Pisau Jatuh

Ternyata SMBR mau membagikan dividen sebesar 1.91 Rupiah selembar. Walaupun secara yield hanya 0.3% tapi uda gak pusing lagi. Toh dari selisih jual – buyback kita sudah cuan .
Ternyata lagi sejak harga tertingginya di 4.190, sampai hari ini SMBR sudah turun sampai 84%. Artinya kalau dia bisa naik kembali ke harga 171% kita akan kembali memiliki potensi capital gain sebesar 169% lagi.

Masih ada X Lot yang sudah dijual di 1.200
Masih ada X Lot yang sudah dijual di 1.105
Posisi beginilah adalah posisi yang paling enak.
SMBR turun lagi gue buyback lagi
SMBR kemudian naik gue take profit lagi.


Tabrakkkkkkkkk……

Ada hal penting yang harus diketahui bahwa berapa harga di titik tertingginya dan terendahnya itu tidak ada yang bisa menjawab secara pasti.
Harga emiten tidak selalu ditentukan dengan Value, tetapi ada faktor Supply dan Demand didalamnya.

Punya banyak emiten memang merepotkan, tapi itu paling cuma di awal awal saja. setelah terbiasa semua bisa kok di selesaikan hanya dalam waktu kurang dari 1 jam setiap minggunya.

Momentum Beli SMBR di 422 , Jual di 1.710 dan Buyback di 635 itu sangat kecil kemungkinan bisa terjadi di setiap emiten yang telah kita realisasikan keuntungannya.
Oleh karena itu gue memilih memperbanyak emiten. Tetapi bukan sembarang beli, harus perbanyak emiten yang benar. baca : http://kakdr.com/easy-way-kakdr-way-bagian-2-basic-strategy/

Dengan memperbanyak emiten, berarti memperbesar probabilitas untuk bisa take profit,
Dengan berhasil Take Profit banyak emiten, berarti memperbesar probabilitas untuk bisa buyback.

Jika kita memiliki kupon lotre yang setelah digosok hasilnya antara “Selamat anda dapat hadiah” dan “Maaf anda belum beruntung”
* Maka jika kita hanya memiliki 1 kupon, kita hanya memiliki 1X kesempatan 50:50 kupon lotre kita mendapatkan hadiah.
* Tetapi jika kita memiliki 10 kupon, maka kita akan memiliki sampai 10X kesempatan 50:50 kupon lotre kita mendapatkan hadiah.

Konfirmasi dividen KBLM

Artikel ini adalah contoh dari pelaksanaan strategi : http://kakdr.com/buy-tepe-buyback/

Bersambung ke https://kakdr.com/smbr-part-2-real-case-buy-sell-buyback-sell-again/

About Kakdr 245 Articles
Founder of "Kakdr Way (Ncek Glodok Style)" --- Aliran Penangkap Pisau Jatuh Anti Cut Loss

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*